Strategi Penyelesaian Konflik Suami Istri Dalam Agama Islam dan Kristen Katolik : Studi Komparatif

Purwaningsih, Atik (2007) Strategi Penyelesaian Konflik Suami Istri Dalam Agama Islam dan Kristen Katolik : Studi Komparatif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4101036]
Preview
Text (NIM_4101036)
4101036_ATIK PURWANINGSIH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (665kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan oleh Atik Purwaningsih (4101036) dengan judul “Strategi Penyelesaian Konflik Suami-Isteri dalam Agama Islam dan Kristen (Studi Komparatif)”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi penyelesaian konflik suami-isteri dalam agama Islam dan Kristen Katolik.
Untuk memperoleh data terkait dengan penelitian, digunakan teknik-teknik pengumpulan data kualitatif yang meliputi teknik dokumentasi dan wawancara. Hasil perolehan data kemudian dianalisis dengan metode komparasi dengan landasan teknik deskriptif kualitatif di mana hasil analisa akan dipaparkan secara menyeluruh sebagai satu kesatuan dan tidak dipisah-pisahkan.
Setelah mengolah data seperti yang telah dijabarkan di atas, penulis menyimpulkan hasil penelitian pada bab lima yaitu Perkawinan dalam pandangan Islam dan Katolik merupakan satu aqad/kesepakatan antara seorang lelaki dan perempuan untuk hidup dalam satu ikatan yang di dalamnya ada tujuan yang hendak diraih bersama. Perkawinan dalam kedua agama ini mempunyai tujuan yang secara garis besar sama. Yaitu :
1. Menyucikan diri dari perbuatan keji yaitu (zina).
2. Meraih kebahagiaan dan kesejahteraan suami istri.
3. Mendapatkan keturunan.
4. Meraih jalan yang suci untuk mendapatkan kasih dan kerelaan (ridla) dari Tuhan yang maha esa.
Persamaan yang terdapat dalam menyelesaikan konflik antara suami-isteri antara Islam dan Kristen Katolik secara garis besar dapat diklasifikasikan dalam tiga kelompok yaitu strategi yang perlu dilakukan sebelum timbulnya konflik (langkah antisipatif), strategi yang harus dilakukan ketika konflik muncul dan berlangsung. Dan yang terakhir adalah strategi/upaya yang harus dilakukan setelah konflik reda dan selesai. Sedangkan perbedaan strategi tersebut terdapat pada keterlibatan pihak ketiga dan perceraian sebagai solusi konflik.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi bagi pasangan suami istri muslim maupun Kristen Katolik untuk dapat meminimalisir konflik-konflik dalam keluarga, dan dapat menyelesaikan konflik dengan cara yang bijak serta baik jika terlanjur muncul konflik, sehingga dapat kembali menata dan memperbaiki keserasian dan kebersamaan suami istri setelah konflik berlalu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konflik; Suami; Istri; Agama Islam; Kristen Katolik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 202 Doctrines of religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 09 Dec 2020 12:09
Last Modified: 03 Jul 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11961

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics