Peran Agama Dalam Penyembuhan Penyakit Schizophrenia : Studi Analisis Pemikiran Zakiah Daradjat

Nurkhasanah, Siti (2007) Peran Agama Dalam Penyembuhan Penyakit Schizophrenia : Studi Analisis Pemikiran Zakiah Daradjat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4101057_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_4101057_Skripsi_Lengkap)
4101057_Siti Nurkhasanah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (541kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pokok masalah dari skripsi ini, bagaimana konsep Zakiah Daradjat tentang peran agama dalam menyembuhkan penyakit schizophrenia? bagaimana relevansi konsep Zakiah Daradjat tentang peran agama dalam menyembuhkan penyakit schizophrenia dengan terapi religious?.
Metode penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), pendekatannya dengan metode deskriptif analitis dan metode analisis komparatif yang digunakan dalam usaha membandingkan pendapat para ahli yang sejalan dan berbeda dengan konsep Zakiah Daradjat. Dari komparasi ini dimaksudkan untuk mencari benang merah dari berbagai pendapat tersebut, yaitu menguraikan dan menjelaskan konsep Zakiah Daradjat tentang peran agama dalam penyembuhan penyakit schizophrenia. Data primer, yaitu sejumlah karya Zakiah Dradjat, antara lain: (1) Kesehatan Mental; (2) Islam dan Kesehatan Mental; (3) Ilmu Pendidikan Islam; (4) Ilmu Jiwa Agama; (5) Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental; (6) Peranan Agama dalam Kesehatan Mental; (7) Pembinaan Remaja; (8) Problema Remaja; (9) Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia; (10) Perawatan Jiwa; (11) Islam dan Psikoterapi dan hadis. Data sekunder, yaitu sejumlah kepustakaan yang ada relevansinya dengan judul di sejumlah literatur yang relevan dengan judul ini.
Hasil dan pembahasan: Menurut Zakiah Daradjat bahwa schizophrenia adalah penyakit jiwa yang paling banyak terjadi dibandingkan dengan penyakit mental lainnya. Penyakit ini menyebabkan kemunduran kepribadian pada umumnya, yang biasanya mulai tampak pada masa puber, dan yang paling banyak menderita adalah orang berumur antara 15-30 tahun. Menurut Zakiah Daradjat bahwa berdasarkan pengalaman-pengalaman dalam menghadapi para penderita gangguan jiwa tersebut, ditemui bahwa di samping merawat mereka secara teknis ilmiah, perlu pula mereka didorong untuk berusaha menolong dirinya sendiri, terutama dalam melegakan perasaan hatinya. Untuk maksud ini ternyata bahwa agama mempunyai kekuatan yang besar dalam mempercepat kesembuhan penderita gangguan jiwa tersebut. Disamping itu terbukti pula bahwa seseorang yang kurang teguh pegangannya terhadap agama seringkali membawa kepada gangguan jiwa.
Dengan demikian jelaslah bahwa konsep Zakiah Daradjat tentang peran agama dalam menyembuhkan penyakit schizophrenia ada hubungan yang erat dengan terapi religious. Karena konsep Zakiah Daradjat dalam menanggulangi penyakit schizophrenia adalah dengan agama yang selalu ditanamkan pada anak dan keluarga yang selalu menciptakan hubungan yang komunikatif dan harmonis dengan anak dan lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Agama; Penyembuhan; Schizophrenia; Zakiah Daradjat
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 09 Dec 2020 13:44
Last Modified: 19 Jun 2021 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics