Aziz, Rohmatul (2007) Problematika Masyarakat Modern dan Solusinya Dalam Buku "Tasawuf Kontekstual Solusi Problem Manusia Modern" Karya M. Amin Syukur (Tinjauan Psikoterapi Sufistik). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4101083]
Preview
Text (NIM_4101083)
4101083_ROHMATUL AZIZ_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (437kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI

Skripsi yang berjudul Problematika Masyarakat Modern dan Solusinya dalam Buku “Tasawuf Kontekstual Solusi Problem Manusia Modern” Karya M. Amin Syukur, ini bertujuan untuk mengetahui ragam problematika masyarakat modern dan solusinya dalam buku Tasawuf Kontekstual Solusi Problem Manusia Modern karya M. Amin Syukur dan penyelesaian problematika masyarakat modern dalam buku Tasawuf Kontekstual Solusi Problem Manusia Modern karya M. Amin Syukur, ditinjau dari psikoterapi sufistik. Penelitian ini merupakan penelitian library research (penelitian kepustakaan), dan sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku Tasawuf Kontekstual Solusi Problem Manusia Modern karya M. Amin Syukur. Adapun dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan buku Tasawuf Kontekstual Solusi Problem Manusia Modern karya M. Amin Syukur, dan content analysis (analisis isi), yaitu menganalisis isi dalam buku Tasawuf Kontekstual Solusi Problem Manusia Modern karya M. Amin Syukur.
Modernitas, selain membawa dampak positif pada kemudahan-kemudahan bagi manusia, juga membawa dampak negatif yang berupa degradasi moral, kehampaan spiritual, hilangnya makna dalam hidup, keterasingan, dan neurosis. Banyak pemikir yang mencoba untuk memberikan solusi atas berbagai problematika yang melanda manusia modern ini, dan salah satunya adalah M. Amin Syukur dengan ajaran tasawufnya.
Buku Tasawuf Kontekstual Solusi Problem Manusia Modern karya M. Amin Syukur adalah buku yang memuat problem-problem manusia modern dan sekaligus solusi yang diberikan oleh M. Amin Syukur. Problem-problem manusia modern yang terdapat di dalam buku tersebut di antaranya adalah problem keluarga, problem spiritual, problem ibadah, problem moral, dan lain sebagainya. Adapun solusi yang diberikan oleh M. Amin Syukur adalah dengan mengajak manusia untuk mengamalkan ajaran-ajaran tasawuf.
Dari sini dapat diketahui bahwa dalam memberikan solusi atas problematika masyarakat modern M. Amin Syukur selain memberikan jawaban atas problem-problem tersebut juga mengajak manusia untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran-ajaran tasawuf. Sehingga, jika ditinjau dari sudut tasawuf dan psikoterapi, M. Amin Syukur secara tidak langsung dalam memberikan solusi problematika masyarakat modern menggunakan pendekatan psikoterapi sufistik. Hal ini tidaklah aneh jika dilihat dari latar belakang M. Amin Syukur sendiri, yaitu sebagai Guru Besar Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo dalam Ilmu Tasawuf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika; Tasawuf Kontekstual; Psikoterapi Sufistik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.48 Sufi orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 09 Dec 2020 14:04
Last Modified: 09 Dec 2020 14:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11967

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics