Penafsiran Surat Ar-Rahman (Analisis Terhadap Pengulangan Ayat Dalam Qs. Ar-Rahman)

NISA', LATIFAH CHOIRUN (2007) Penafsiran Surat Ar-Rahman (Analisis Terhadap Pengulangan Ayat Dalam Qs. Ar-Rahman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_4102011]
Preview
Text (NIM_4102011)
4102011_LATIFAH CHOIRUN NISA'_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI

Latifah Choirun Nisa', (NIM: 4102011). Penelitian tentang "Penafsiran Surat Ar-Rahman (Analisis Terhadap Pengulangan Ayat Dalam Qs. Ar-Rahman)". Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang 2007.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maksud dengan .mengakhiri ayat-ayat dalam Qs. Ar-Rahman dengan pengulangan ayat (فبأي آلاء ربكما تكذبان), nikmat apa sajakah yang disebutkan sebelum ayat (فبأي آلاء ربكما تكذبان), dan untuk mengetahui nikmat-nikmat tersebut yang secara spesifik disebutkan dalam surat ar-Rahman.
Suatu kenyataan bahwa dalam al-Qur'an mengandung banyak sekali ayat-ayat yang beredaksi mirip atau sama. Namun diantara kemiripan atau pengulangan ayat yang paling unik adalah pengulangan ayat dalam Qs. Ar-Rahman.
Qs. Ar-Rahman adalah wahyu ke 35 yang diterima oleh Nabi setelah al-Furqon dan sebelum al-Fathir, sedangkan dalam mushaf Usmaniyah surah tersebut adalah surah ke 55. Surah ar-Rahman termasuk dalam kelompok surat Makkiyah yang terdiri dari 78 ayat.
Surah ini juga dinamakan Arusy Qur'an (pengantin al-Qur'an), sebab surah ini menyandang keindahan redaksi serta pesona kandungannya. Selain itu terdapat ayat yang sama yang terulang 31 kali. Fenomena inilah yang melatarbelakangi mengapa penelitian ini dilaksanakan. Hal ini berdasarkan alasan, bahwa pola pengulangan ayat yang terdapat dalam Qs. Ar-Rahman adalah satu-satunya dalam al-Qur'an
Adapun hasil dari penelitan ini adalah sebagai berikut:
1. Pengulangan ayat tersebut mengandung hikmah bahwa penyebutan nikmat-nikmat, (penyodoran pertanyaan semacam di atas) mengandung makna keagungan nikmat tersebut serta banyaknya manfaat yang diraih oleh penerimanya, dengan tujuan menggugah untuk lebih bersyukur atau mengecamnya, bila ia tidak bersyukur sambil mengisyaratkan bahwa sikapnya itu telah melampaui batas.
2. Banyak sekali nikmat yang disebutkan setelah ayat (فبأي آلاء ربكما تكذبان) , bahkan penyebutan terbanyak dengan berbagai nikmat dalam satu surah. Nikmat tersebut merupakan nikmat yang dikaruniakan bagi makhluk-Nya, bukan hanya untuk manusia ataupun jin, bahkan bagi keduanya.
3. Hikmah penyebutan nikmat tersebut yang secara spesifik disebutkan dalam Qs. Ar-Rahman antara lain
- Berkaitan dengan sifat Ar-Rahman, maka nikmat yang disebutkan dalam surat ini berlaku untuk semua makhluk tanpa kecuali
- Barang siapa yang dapat mensyukuri nikmat yang Allah berikan, maka baginya pantas mendapat surga yang di dalamnya terdapat dua buah mata air yang mengalir, terdapat juga segala buah-buahan, juga bertelekan di atas hamparan yang terbuat dari sutra, ada juga bidadari-bidadari yang setiap saat menemani yang mana bidadari itu belum pernah disentuh baik oleh manusia ataupun jin, dan mereka bagaikan mutiara dan marjan. Dan balasan setimpal yang demikian itu tidak akan pernah ada bandingannya
- Sedang barang siapa yang tidak mensyukuri apa yang telah diberikan Allah atau kufur atas nikmat-Nya, maka baginya disediakan neraka jahanam yang didalamnya dikelilingi air yang mendidih dan memuncak panasnya. Dan kelak mereka yang termasuk dalam golongan ini memiliki tanda-tanda yakni wajah yang suram, mata yang layu, cara jalan yang aneh, dan lain-lain,.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penafsiran; Surah Ar-Rahman
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:29
Last Modified: 10 Dec 2020 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11986

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics