Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga (Studi Pemikiran Hasan Langgulung)

Umam, Julal (2012) Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga (Studi Pemikiran Hasan Langgulung). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Julal_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
Julal_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of Julal_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
Julal_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of Julal_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
Julal_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Julal_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
Julal_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (135kB) | Preview

Abstract

Menurut Hasan Langgulung pendidikan sebagai upaya memanusiakan manusia
pada dasarnya adalah usaha untuk untuk mengembangkan potensi yang dimiliki
setiap individu sehingga dapat hidup secara optimal, baik sebagai pribadi maupun
sebagai bagian dari masyarakat, serta memiliki nilai – nilai moral dan sosial
sebagai pedoman hidupnya. Dengan demikian pendidikan dipandang sebagai
usaha sadar yang bertujuan dan usaha mendewasakan anak.
Pembentukan keluarga dalam Islam adalah ”bermula dengan terciptanya
hubungan suci yang terjalin antara laki-laki dan perempuan melalui perkawinan
yang halal. Dalam hal pendidikan Islam, keluarga mempunyai fungsi dan
pengaruh yang besar terhadap kehidupan anak serta pendidikannya. Fungsi
tersebut menurut Hasan Langgulung adalah “beberapa proses sosialisasi
(socialization), nasehat bimbingan, pengembangan penumbuhan bakat-bakat,
kesediaan-kesediaan, minat dan sifat-sifat anggota-anggotanya yang diingini dan
merubah potensi–potensi ini menjadi kenyataan, dari kesediaan menjadi
pelaksanaan dan ekspoloitasi”.
Dalam penelitian ini untuk memperoleh data penulis menggunakan metode studi
pustaka kemudian mendeskripsikan dengan pendidikan Islam keluarga. Metode
deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan-keadaan
nyata yang ditujukan untuk menggambarkan sifat suatu keadaan dan memeriksa
sebab-sebab dari suatu gejala tertentu dan hanya mengukur apa adanya. Dengan
metode deskriptif, seluruh data tentang Konsep pendidikan Islam dalam keluarga
pemikiran Hasan Langgulung dianalisis dan digambarkan dalam keluarga dengan
bentuk paparan apa adanya.
Yang menjadi fokus penelitian ini adalah pemikiran pendidikan Islam Hasan
Langgulung dalam keluarga yang meliputi aspek-aspek pendidikan Islam jasmani
dan rohani yang meliputi : aqidah, syari‟ah, akhlak, pendidikan jasmani dan kesehatan,
pendidikan akal (intelektual), pendidikan emosi dan psikologikal, pendidikan agama,
pendidikan sosial.
Hasil penelitian pemikiran Hasan Langgulung Hasan Langgulung menyimpulkan
bahwa pendidikan Islam adalah suatu proses spiritual, akhlak, intelektual, dan
sosial yang berusaha membimbing manusia dan memberinya nilai-nilai dan
prinsip serta telada ideal dalam kehidupan dunia akhirat. Selain itu menekankan
pendidikan sebagai alat pengembangan potensi, pewarisan budaya dan sebagai
interaksi antara potensi dan budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Keluarga; Islamic Education; Family
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Oct 2013 09:39
Last Modified: 16 Oct 2013 09:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics