Analisis hukum islam terhadap manajemen keuangan Masjid Al-Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara tahun 2004

Fanzatin, Sri (2007) Analisis hukum islam terhadap manajemen keuangan Masjid Al-Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara tahun 2004. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_2100240_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_2100240_Skripsi_Lengkap)
NIM_2100240_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap muslim memiliki tugas memakmurkan masjid, d imana masjid tersebut dipandang tidak hanya sebagai suatu bangunan dan tempat ibadah sholat saja. Akan tetapi diharapkan bisa menjadi pusat pendidikan dan kebudayaan Islam bahkan sebagai tempat bermuamalah. Untuk mewujudkan itu semua diperlukan dana yang tidak sedikit, sehingga harus ada manajemen yang bagus dari pengurus masjid dalam penggalangan dan pengaturan dana. Yang menjadi pokok permasalahan dari sini adalah bagaimana manajemen keuangan masjid Al-Falah Margoyoso Kalinyamatan Jepara?
Metode penelitian skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan deskriptif analitis dan kemudian dikaitkan dengan analitis normatif. Di mana data primernya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari kepustakaan.
Fungsi dari manajemen keuangan adalah penghimpunan dan penyaluran dana. Dari hasil penelitian, dana yang diperoleh Masjid Al-falah berasal dari hasil tromol Jum’at, donatur tetap, donatur tidak tetap dan lelang sawah. Tidak ada upaya dari pengurus masjid untuk bisa memperoleh dana agar lebih optimal. Pendistribusian pun hanya untuk keperluan dan perawatan masjid saja. Pengurus Masjid masih belum bisa memanfaatkan dana yang ada untuk kemakmuran dan perkembangan masjid. Hal ini disebabkan tidak adanya manajemen yang bagus dari pengurus masjid.
Namun demikian, pengurus Masjid Al-Falah dalam mempertanggung jawabkan keuangan sangat transparan dan tidak ada kejanggalan. Pengurus membuat laporan keuangan secara rinci dalam setiap bulannya yang kemudian di bukukan dan dipergunakan sebagai lampiran laporan tahunan Masjid Al-Falah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: manajemen;keuangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 10 Dec 2020 04:53
Last Modified: 10 Dec 2020 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics