Ardliansyah, Moelki Fahmi (2017) Implementasi titik koordinat tengah kota dan kabupaten dalam perhitungan jadwal waktu salat. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Tesis_1500028008_Moelki_Fahmi_A]
Preview
Text (Tesis_1500028008_Moelki_Fahmi_A)
Tesis_1500028008_Moelki_Fahmi_A.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kajian studi Astronomi Islam dalam persoalan waktu salat kurang mendapat perhatian khusus. Padahal persoalan jadwal waktu salat sangat komplek, salah satunya jadwal waktu salat yang berlaku sepanjang masa beserta konversi ke daerah lain, yang sebetulnya sangat penting untuk dikaji. Oleh sebab itu, sebaiknya jadwal waktu salat disusun berdasarkan kota masing-masing. Persoalan baru yang muncul adalah data titik koordinat (lintang dan bujur) mana yang akan digunakan sebagai acuan perhitungannya. Dalam tulisan ini meneliti implementasi titik koordinat tengah dalam perhitungan jadwal waktu salat, dengan pokok bahasan : 1). Bagaimana dampak implementasi titik koordinat tengah kota dan kabupaten dalam perhitungan jadwal waktu salat? 2). Mengapa titik koordinat tengah kota dan kabupaten perlu diimplementasikan dalam perhitungan jadwal waktu salat?
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif-matematis yang bertujuan untuk mengetahui lebih detail mengenai implikasi dari implimentasi titik koordinat tengah kota dalam perhitungan jadwal waktu salat melalui perhitungan yang komprehesif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, yakni mengkaji data pemetaan dari BIG (badan Informasi Geospasial dan dilanjut dengan observasi nonpartisipan dengan mengamati titik koordinat tengah kota melalui software google earth untuk mendapatkan gambaran suatu daerah kota dalam peta serta batasan-batasan wilayahnya. Teknik analisis berupa deskriptif analitis matematis yakni menghitung jadwal waktu salat menggunakan koordinat tengah kota dan analisis komparatif untuk melakukan perbandingan hasil perhitungan jadwal waktu salat dengan menggunakan titik koordinat tengah kota dan yang tidak menggunakan koordinat tersebut.
Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menemukan bahwa : 1). Koordinat tengah diimplementasikan dengan cara menjadikan koordinat tersebut sebagai acuan dalam perhitungan jadwal waktu salat. Dampak dari diimplementasikannya koordinat tengah adalah hasilnya akan banyak bersinggungan dengan hasil yang menggunakan koordinat lain yang selisihnya di bawah 0,5° dengan koordinat tengah. Koordinat tengah lebih penting untuk diimplementasikan apabila terdapat koordinat lain yang berada di selatan dan timur koordinat tengah, karena dengan mengimplementasikan koordinat tengah akan lebih mencakup dalam satu wilayah kota. 2). Koordinat tengah perlu diimplementasikan dalam jadwal waktu salat, karena pada dasarnya koordinat ini telah mempertimbangkan aspek geografis. Dimana dalam segi luas untuk bagian utara, selatan dan timur, barat nya telah dipertimbangakan dan jaraknya pun seimbang, sehingga apabila diimplementasikan dalam perhitungan jadwal waktu salat setengah bagian dari wilayah suatu kota telah tercakup dan untuk mencakup seluruhnya tidak perlu menambahkan iḥtiyāṭ terlalu banyak, yakni dengan menyesuaikan daerah yang hendak dicakup. Biasanya iḥtiyāṭ cukup menggunakan 2 menit.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Waktu shalat; Koordinat tengah; Wilayah kota; Wilayah kabupaten
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 50102 - Ilmu Falak (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Dec 2020 06:59
Last Modified: 10 Dec 2020 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12027

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics