Pelaksanaan zakat perdagangan telur asin di Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal

Ernitawati, Ernitawati (2007) Pelaksanaan zakat perdagangan telur asin di Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 2102246_Ernitawati.pdf]
Preview
Text
2102246_Ernitawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kelurahan Pesurungan Lor merupakan bagian dari wilayah kota Tegal yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Berdasarkan survey awal yang telah penulis lakukan, di Kelurahan Pesurungan Lor itu sendiri masyarakatnya banyak yang berdagang khususnya bedagang telur asin, serta mempunyai lembaga koperasi bernama “Purwadiwangsa” yaitu agen keluar masuknya telur yang akan dijual. Di Kelurahan Pesurungan Lor itu sendiri mempunyai kelompok masyarakat yang beternak itik yang bernama Kelompok Tani Ternak Itik “Satelit Sejahtera”. Maka dari itu penulis tertarik sekali untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana masyarakatnya untuk mengeluarkan zakat maalnya, khususnya zakat perdagangan. Untuk itu, dalam penulisan ini penulis mengambil judul: pelaksanaan zakat perdagangan telur asin di kelurahan pesurungan lor kecamatan margadana kota tegal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang dilakukan pada pedagang telur asin. Untuk mendapat dapat yang valid dalam penyusunan penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode yaitu teknik metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Kemudian dari data yang telah penulis kumpulkan, akan penulis analisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Zakat yang mempunyai arti bahasa yaitu keberkahan, berkembang, dan kesucian, dan arti istilah yakni pengambilan tertentu, dari harta tertentu, menurut sifat-sifat tertentu untuk diberikan kepada golongan tertentu. Zakat yang hukumnya wajib bagi umat Islam yang mencapai nishab dan satu khaul dalam usaha berdagangnya. Maka dari itu di Kelurahan Pesurungan Lor untuk melaksanakan zakat yang hukumnya wajib, di samping itu ada juga kesadaran dan keikhlasan pada muzaki yang sebagian hartanya akan diberikan kepada mustahiq. Dengan adanya dilaksanakan gerakan sadar zakat pada pedagang maka muzaki yang mampu akan berlomba-lomba melaksanakan zakatnya. Selain itu juga adanya faktor-faktor yang mendorong untuk mau berzakat, meliputi adanya keuntungan, pemahaman dan sosialisasi masyarakatnya dalam menjalankan perannya tidak menyimpang hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; zakat Mal; Zakat Penghasilan; Ibadah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:31
Last Modified: 10 Dec 2020 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12031

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics