Problematika Pembelajaran PAI Pada Rintisan SMA Bertaraf International di SMA I Pati

Puspitasari, Siti (2009) Problematika Pembelajaran PAI Pada Rintisan SMA Bertaraf International di SMA I Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3103030SITI PUSPITASARI.pdf]
Preview
Text
3103030SITI PUSPITASARI.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Siti Puspitasari (NIM: 3103030). Pelaksanaan pembelajaran PAI pada rintisan SMA bertaraf internasional di SMA Negeri 1 Pati. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI pada rintisan SMA bertaraf internasional di SMA Negeri 1 Pati, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran PAI pada rintisan SMA bertaraf internasional di SMA Negeri 1 Pati dan (3) Solusi- solusi yang dilaksanakan dalam Pelaksanaan pembelajaran PAI pada rintisan SMA bertaraf internasional di SMA Negeri 1 Pati
Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga menjadi kesatuan yang konklusif dengan menggunakan pendekatan induktif
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Pati, sebagai sekolah rintisan SMA bertaraf internasional belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini terbukti dengan kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran. Prinsip-prinsip pembelajaran rintisan sekolah bertaraf internasional belum dilaksanakan dengan baik, namun demikian hal itu tidak mengurangi hasil prestasi siswa-siswinya.
Pihak yang terkait dalam pelaksanaan pembelajaran PAI pada rintisan SMA bertaraf internasional di SMA Negeri 1 Pati adalah kepala sekolah, wakil kepala urusan kurikulum, guru-guru PAI, serta siswa.
Secara teori, guru PAI di SMA Negeri 1 Pati sudah mengetahui tantang pelaksanaan pembelajaran pada sekolah bertaraf internasional, tetapi dalam pelaksanaannya belum dapat berjalan dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor guru, faktor siswa, dan faktor sekolah. Faktor guru dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki oleh guru dalam hal ini adalah penguasaan media dan lamanya masa kerja. Faktor siswa dipengaruhi oleh entering behavior dan sikap siswa terhadap mata pelajaran PAI dan faktor sekolah adalah kebijakan sekolah yang berkenaan dengan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam (PAI); Rintisan Sekolah Internasional; SMA 1 Pati
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Dec 2020 09:03
Last Modified: 10 Dec 2020 09:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12042

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics