Perkembangan Agama Khonghucu Pasca Reformasi di Kota Tegal

Royyani, Rosyidah (2007) Perkembangan Agama Khonghucu Pasca Reformasi di Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4102034]
Preview
Text (NIM_4102034)
4102034_Rosyidah Royyani _Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (376kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sebagai agama yang berasal dari Tiongkok, agama Khonghucu ini adalah agama yang dianut oleh sebagian dari orang-orang Indonesia peranakan Cina di Indonesia. Oleh karena itu, agama ini sering dianggap sebagai agama minoritas, karena didasarkan dari jumlah penganutnya. Meski agama Khonghucu sebagai agama minoritas, umat Khonghucu mempunyai ruang tersendiri untuk mengembangkan ajaran agamanya. Menurut para penganutnya agama Khonghucu bukan sekedar suatu ajaran yang diciptakan Nabi Khonghucu, melainkan agama yang telah diturunkan Thian, Tuhan Yang Maha Esa, lewat para Nabi dan Raja Suci Purba ribuan tahun sebelum lahir Nabi Khonghucu.
Skripsi ini menjelaskan keberadaan agama Khonghucu di Kota Tegal dan berbagai persoalan yang dihadapi oleh para penganutnya, dari sebelum reformasi sampai pasca reformasi. Sebagai warga negara Indonesia, masih banyak hak-hak sipil umat Khonghucu yang belum disetarakan dengan hal-hal sipil agama lain. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) sejarah agama Khonghucu di Kota Tegal 2) Perkembangan agama Khonghucu pasca reformasi di Kota Tegal 3) faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan agama Khonghucu di Kota Tegal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agama Khonghucu di Kota Tegal pasca reformasi cukup mengalami banyak kemajuan di banding sebelum reformasi, baik sebagai masyarakat sipil Kota Tegal maupun umat yang beragama Khonghucu. Umat Khonghucu Kota Tegal cukup beruntung jika dibanding dengan umat-umat Khonghucu di beberapa daerah di Indonesia yang masih mengalami perlakuan diskriminasi sebagai warga Indonesia juga sebagai penganut agama Khinghucu, dan masyarakat Kota Tegal pun menerima keberadaan mereka dengan baik, karena diantara mereka sadar akan pentingnya toleransi beragama, saling menghormati aktifitas umat beragama satu sama lain.
Semua perkembangan agama Khonghucu di Kota Tegal merupakan langkah awal agama Khonghucu untuk menjadi lebih baik dan bisa sejajar kedudukannya dengan lima agama yang ada di Kota Tegal. Hal ini tidak lepas dari perjuangan dari umat-umat Khonghucu yang menginginkan sesuatu perubahan dan adanya dukungan dari pemerintah serta masyarakat Kota Tegal.
Satu hal yang menjadi keprihatinan umat Khonghucu di Kota Tegal yaitu ketidaktahuan mereka tentang tokoh yang berjasa dalam perkembangan agamanya. Hal ini dikarenakan apa yang mereka ketahui mengenai agama Khonghucu baik sejarah maupun ajaran-ajaran Khonghucu mereka sampaikan secara turun temurun sehingga tidak ada arsip mengenai sejarah agama Khonghucu di Kota Tegal

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Agama; Khonghucu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 203 Public worship and other practices
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Dec 2020 14:21
Last Modified: 10 Dec 2020 14:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics