Metode pendidikan akhlak dengan pendekatan tajribi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Karanganyar Geyer Grobogan tahun pelajaran 2006/2007

Rohman, Arip (2007) Metode pendidikan akhlak dengan pendekatan tajribi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Karanganyar Geyer Grobogan tahun pelajaran 2006/2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_NIM_3101223]
Preview
Other (Skripsi_NIM_3101223)
fullpdf.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menggali 1). Bagaimana pelaksanaan
metode pendidikan akhlak pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda
Karanganyar Geyer Grobogan, 2). Bagaimanakah pelaksanaan metode pendidikan
akhlak dengan pendekatan tajribi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul
Huda Karanganyar Geyer Grobogan.
Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian tindakan
(action research), dimana hasil penelitian dijelaskan dengan pendekatan kualitatif
dengan dianalisis menggunakan naratif kualitatif. Yaitu data dianalisis secara
kualitatif dalam arti diuraikan, dibandingkan, dikategorikan, disintesiskan, lalu
disusun atau diurutkan secara sistematis. Hasil analisis diinterpretasikan dalam
arti diberi makna, baik makna tunggal atau sendiri-sendiri, gabungan, hubungan
antar komponen atau aspek, maupun makna inferential yang lebih abstrak dan
umum. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka
peneliti menggunakan metode sebagai berikut: Pertama, Pengalaman
(Experiencing), dilakukan dalam bentuk observasi, peneliti sambil melakukan
tugasnya sehari-hari. Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang
metode pendidikan akhlak dengan pendekatan tajribi (latihan percobaan dengan
pembiasaan) yang di laksanakan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda
Karanganyar oleh guru di lembaga pendidikan tersebut. Kedua, Pengungkapan
(enquiring) dilakukan melalui wawancara (interview). Dalam penelitian ini
digunakan wawancara formal terstruktur. Dimana dalam melakukan interview
pewawancara membawa pedoman yang merupakan garis besar tentang hal-hal
yang akan ditanyakan. Dan yang akan diwawancarai adalah guru, kepala sekolah,
karyawan dan anak didik. Ketiga, Pembuktian (examining) dilakukan dengan
mencari bukti-bukti dokumenter. Metode ini untuk mengumpulkan data tentang
metode pendidikan akhlak, proses pengajaran pendidikan akhlak dan gambaran
umum Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Karanganyar, yang meliputi sejarah
berdirinya, letak geografis, struktur organisasi, keadaan para pegawai/staf,
anggota serta keadaan sarana dan prasarana.
Setelah melakukan penelitian yang melelahkan, maka diketahui bahwa
pelaksanaan metode pendidikan akhlak pada siswa Madrasah Tsanawiyah
Miftahul Huda Karanganyar, agar berjalan sesuai dengan harapan, target dan
tujuan, maka metode yang digunakan adalah: Metode keteladanan, metode
nasehat, metode hukuman dan ganjaran,
Selanjutnya dalam pelaksanaan metode pendidikan akhlak dengan
pendekatan tajribi pada siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Karanganyar
adalah guru memberikan kesempatan yang luas dan leluasa serta membiasakan
siswa-siswinya untuk melaksanakan apa yang dipelajarinya, sehingga mereka
memperoleh pengalaman yang nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pendidikan; Madrasah tsanawiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 23 Mar 2021 01:48
Last Modified: 23 Mar 2021 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12060

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics