Komodifikasi nilai Islam dalam film Indonesia bernuansa dakwah : telaah terhadap film Laskar Pelangi, Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2, dan Mencari Hilal

Zaini, Ahmad (2019) Komodifikasi nilai Islam dalam film Indonesia bernuansa dakwah : telaah terhadap film Laskar Pelangi, Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2, dan Mencari Hilal. Dr/PhD thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of DISERTASI_1400039019_AHMAD_ZAINI]
Preview
Text (DISERTASI_1400039019_AHMAD_ZAINI)
DISERTASI_1400039019_AHMAD_ZAINI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Film yang dijadikan sebagai objek riset yaitu Laskar Pelangi, Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2, dan Mencari Hilal. Tujuan riset untuk: (1) mengemukakan dan menemukan cara penyajian nilai-nilai keislaman yang ditampilkan dalam film bernuansa dakwah, (2) menemukan nilai-nilai keislaman yang dijadikan sebagai komoditi dalam film bernuansa dakwah. Riset ini menunjukkan bahwa: (1) film bernuansa dakwah dijadikan sebagai sarana untuk menyebarkan nilai- nilai keislaman kepada kahalayak luas, sedang cara penyampaiannya dilakukan secara eksplisit melalui dialog dan atribut yang dikenakan para pemerannya, (2) Film Laskar Pelangi dan Ketika Cinta Bertasbih secara bisnis sangat berhasil dalam menjadikan nilai-nilai keislaman sebagai komoditi, berbeda dengan Mencari Hilal sejatinya tema yang disajikan dalam film Mencari Hilal sudah menarik, namun belum bisa mencuri perhatian para penikmat film sehingga dari segi bisnis belum meraih keuntungan yang memadai.

ABSTRACT:

The film is used as object of this research are Laskar Pelangi, Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2, and Mencari Hilal. The purposes of the research are : (1) present and find ways to present Islamic values displayed in a da'wah-nuanced film, (2) find Islamic values that are used as commodities in a film that has nuances of da'wah. This research shows that: (1) da'wah nuanced films are used as a means to spread Islamic values to a broad audience, while the manner of delivery is explicit through dialogue and attributes imposed by the cast, (2) The Business prominence of Laskar Pelangi and Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2 is very successful in making Islamic values as commodities, in contrast to Mencari Hilal, the actual theme presented in the film Mencari Hilal is interesting, but it has not been able to steal the attention of film lovers so that in terms of business it has not achieved adequate profits.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Film Indonesia; Nilai Islam; Film dakwah; Media dakwah; Laskar Pelangi; Ketika Cinta Bertasbih; Mencari Hilal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jan 2021 05:31
Last Modified: 26 Jan 2021 05:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics