Pengaruh model codac learning dan gaya kognitif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif ilmu falak : studi eksperimen pada prodi non-Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo

Fauzi, Ahmad (2019) Pengaruh model codac learning dan gaya kognitif terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif ilmu falak : studi eksperimen pada prodi non-Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo. Dr/PhD thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of DISERTASI_1600039018_AHMAD_FAUZI]
Preview
Text (DISERTASI_1600039018_AHMAD_FAUZI)
DISERTASI_1600039018_AHMAD_FAUZI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar ilmu Falak sebagai tujuan akhir dari pembelajaran belum mencapai hasil yang maksimal, karena dimungkinkan ada model pembelajaran yang belum sesuai dengan kondisi mahasiswa. Maka diperlukan pengembangan model yang sesuai dengan kecenderungan mahasiswa. Penelitian ini mengembangkan sebuah model pembelajaran yang didesain sesuai dengan gaya kognitif mahasiswa, yang disebut dengan Codac Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh model pembelajaran Codac Learning dan gaya kognitif pada motivasi belajar dan hasil belajar ilmu Falak mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain faktorial 2x2, dengan sampel 98 mahasiswa dari 4 kelas HES dan HKI. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket, sedangkan hasil belajar diukur dengan tes tertulis. Data terkumpulkan dianalisis menggunakan analisis varian dua jalur.
Hasil Analisis data menunjukkan bahwa tidak semua hipotesis teruji dan didukung data empiris. Pertama, model pembelajaran Codac Learning dan gaya kognitif tidak berpengaruh pada motivasi belajar, baik secara terpisah maupun secara interaktif. Motivasi belajar ilmu Falak mahasiswa tidak berbeda antara yang mengikuti pembelajaran Codac Learning maupun konvensional dan antara yang memiliki gaya kognitif independent maupun dependent, serta interaksi antara keduanya. Kedua, model pembelajaran Codac Learning dan gaya kognitif berpengaruh pada hasil belajar ilmu Falak secara terpisah, tetapi tidak secara interaktif. Secara signifikan, hasil belajar mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Codac Learning lebih tinggi daripada yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Mahasiswa yang memiliki gaya kognitif independent lebih baik daripada mereka yang bergaya kognitif dependent. Dengan demikian pengaruh model pembelajaran tidak tergantung pada gaya kognitif mahasiswa dan pengaruh gaya kognitif pada hasil belajar tidak tergantung pada model pembelajaran.

ABSTRACT:

The outcomes of Astronomy as the goal of the instruction have not achieved maximum results, because it is possible there is a learning model that is not yet in accordance with the conditions of students. Then the development of a model that is in accordance with the tendency of students is needed so that learning outcomes are achieved. This research developed an instructional model that was designed in accordance with the cognitive style of students, called CODAC Learning. The purpose of this study was to examine empirically the influence of the CODAC Learning model and cognitive style on learning motivation and the results of student Astronomy learning.
This research is quantitative with an experimental method and 2x2 factorial design, with a sample of 98 students from 4 classes of HES and HKI. Learning motivation data was collected by using a questionnaire while learning outcomes were measured by written tests. The collected data were analyzed using two-way analysis of variance.
Results of data analysis show that not all hypotheses are supported empirically. First, the Codac Learning model and cognitive style have no effect on learning motivation, both separately and interactively. Motivation to learn of Astronomy student is not different between those attend of Codac Learning model and conventional one and between the who have independent and dependent cognitive styles, as well as interactions of the both independent variable. Second, the Codac Learning model and cognitive style influence students learning outcomes of Astronomy separately, but not interactively. Significantly, student learning outcomes that attend the Codac Learning model are higher than those attending conventional learning models. Students who have an independent cognitive style are better than those having cognitively dependent. Therefore the influence of the learning model does not depend on the cognitive style of students and the influence of cognitive styles on learning outcomes does not depend on the learning model.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Codac learning; Gaya kognitif; Motivasi belajar; Hasil belajar; Kognitif; Ilmu falak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:57
Last Modified: 27 Jan 2021 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12115

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics