Ideologi media di balik pemberitaan penolakan wakil sekretaris jenderal MUI di Sintang Kalimantan Barat

Sari, Pilga Ayong (2019) Ideologi media di balik pemberitaan penolakan wakil sekretaris jenderal MUI di Sintang Kalimantan Barat. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_1600048008_PILGA_AYONG_SARI]
Preview
Text (TESIS_1600048008_PILGA_AYONG_SARI)
TESIS_1600048008_PILGA_AYONG_SARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Insiden penolakan Tengku Zulkarnain Wasekjen MUI)oleh sekelompok massa dari Forum Pemuda Adat Dayak di Sintang Kalimantan Barat merupakan salah satu konflik kecil dalam masyarakat. Peristiwa ini merupakan realitas sosial yang mengandung nilai berita, sehingga menarik untuk dilihat terutama jika dipandang dari sisi bagaimana peristiwa ini dikemas oleh media. Salah satu cara yang dipakai oleh media dalam membangun sebuah realitas adalah dengan cara framing (pembingkaian). Setiap media tentu saja memiliki frame sendiri dalam memberitakan suatu peristiwa. Media juga mempunyai dampak yang sangat penting dalam proses perkembangan ideologi dalam masyarakat. Tesis ini membahas tentang pemberitaan penolakan Tengku Zulkarnain di Sintang pada tahun 2017 di portal berita online Pontianakpost.co.id dan Tribunpontianak.co.id dengan metode framing Robert N. Entman untuk menjabarkan analisis serta menggiring pada kesimpulan penelitian dengan empat aspek utama: define problems (definisi masalah), diagnose causes (penyebab masalah), make moral Judgement (keputusan moral), treatment recommendation (penekanan penyelesaian).
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan: (1)Bagaimana Pontianakpost.co.id dan Tribunpontianak.co.id mem-framing berita penolakan Tengku Zulkarnain Di Sintang Kalimantan Barat? (2)Bagaimana perbedaan frame antara Pontianakpost.co.id dan Tribunpontianak.co.id dalam berita penolakan Tengku Zulkarnain Di Sintang Kalimantan Barat? Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pandangan dari sisi penekanan atau ideologi yang ditonjolkan oleh kedua media. Pontianakpost.co.id menekankan aspek hukum dalam beritanya. Dalam hal ini Pontianakpost.co.id menganut ideologi fundamentalis (klasik) yang dikembangkan oleh Marxis. Sedangkan Tribunpontianak.co.id lebih pada kesalahpahaman dan miskomunikasi yang harus dimaklumi. Media ini memakai ideologi liberalisme atau ideologi pasar yang biasa disebut dengan pandangan non-Marxis.

ABSTRACT:

The rejection incident of Tengku Zulkarnain (Wasekjen MUI) by a group of people from the Dayak Indigenous Youth Forum in Sintang West Kalimantan was one of the small conflicts in the community. This event is a social reality that contains news value, so it is interesting to see, especially when viewed from the side of how this event is packaged by the media. One way that is used by the media in building a reality is by framing. Each media certainly has its own frame in reporting an event. The media also has a very important impact on the process of ideological development in society. This thesis discusses the reporting of the rejection of Tengku Zulkarnain in Sintang in 2017 on the online news portal Pontianakpost.co.id and Tribunpontianak.co.id with the Robert N. Entman framing method to describe the analysis and lead to research conclusions with four main aspects: define problems (definition problem), diagnose causes (cause of the problem), make moral judgment (moral decision), treatment recommendation (emphasis on completion).
The purpose of this study is to answer the problems: (1) How does Pontianakpost.co.id and Tribunpontianak.co.id construct news about the Rejection of Tengku Zulkarnain in Sintang, West Borneo? (2) How is the difference in framing between Pontianakpost.co.id and Tribunpontianak.co.id in constructing news about the Rejection of Tengku Zulkarnain in Sintang West Borneo? This research shows that there are differences in views from the point of view or ideology highlighted by the two media. Pontianakpost.co.id emphasizes the legal aspects in the news, while Tribunpontianak.co.id is more about misunderstandings and miscommunication that must be understood.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ideologi media; Pemberitaan; Kalimantan Barat
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 70133 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:40
Last Modified: 16 Feb 2021 01:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics