Al-sam‘ dan al-basar dalam Al-Qur’an perspektif tafsir ‘ilmi dan ‘isyari

Habibah, Syarifah (2019) Al-sam‘ dan al-basar dalam Al-Qur’an perspektif tafsir ‘ilmi dan ‘isyari. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_1600088031_SYARIFAH_HABIBAH]
Preview
Text (TESIS_1600088031_SYARIFAH_HABIBAH)
TESIS_1600088031_SYARIFAH_HABIBAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan relevan yang sudah melakukan pembagian-pembagian sistem indera seperti mengelompokkan term pada bagian anatomi (struktur), fisiologi (fungsi), dan patofisiologi (gangguan/penyakit). Sehingga hal ini dapat memudahkan para saintis dan teknologiawan Muslim untuk memaknai al- Qur’an dengan bahasa-bahasa ilmiah apalagi untuk mengajarkan dan menyebarluaskan pesan-pesannya bagi masyarakat luas. Kajian ini dipadukan dengan metode tematik menggunakan pendekatan tafsir ‘ilmi dan tafsir ‘isyari dengan analisis perbandingan.
Penelitian ini memiliki pokok masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pembagian term-term al-sam’ dan al-bas{ar dalam al- Qur’an dengan perspektif ‘ilmi? 2) Bagaimana pembagian term-term al-sam’ dan al-bas{ar dalam al- Qur’an dengan perspektif ‘isyari? 3) Bagaimana perbandingan makna term-term al-sam’ dan al-basar dalam al- Qur’an perspektif tafsir‘ilmi dan ‘isyari?
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Term al-sam’ dalam perspektif ‘ilmi dibagi menjadi tiga kategori, yakni kategori anatomi, fisiologi, dan patofisiologi. Pada kategori anatomi dan fisiologi, bentuk term yang digunakan adalah السَّمْع yang merujuk pada struktur organ dari sistem indera pendengaran disertai dengan penjelasan fungsi bagian-bagiannya. Sedangkan pada kategori patofisiologi, term yang digunakan adalah صم yang menjelaskan mengenai kehilangan fungsi dari pendengaran seperti ketulian. Term al-bas{ar dalam perspektif ‘ilmi dibagi menjadi tiga kategori, yakni kategori anatomi, fisiologi, dan patofisiologi. Pada kategori anatomi dan fisiologi, bentuk term yang digunakan adalah البصر yang merujuk pada struktur organ dari sistem indera penglihatan disertai dengan penjelasan fungsi bagian-bagiannya. Sedangkan pada kategori patofisiologi, term yang digunakan adalah عمي yang menjelaskan mengenai kehilangan fungsi dari penglihatan seperti buta atau rabun. 2)Term al-sam’ dalam perspektif ‘isya>ri> dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori sistem indera lahir dan batin. Pada sistem indera pendengaran lahir bentuk term yang digunakan adalah أذن . Sedangkan pada indera batin, term yang digunakan adalah السَّمْع. Pada perspektif ini, term صم juga dipakai untuk menjelaskan hal-hal yang terkait dengan term al-sam’ dalam hal tuli atau rusaknya pendengaran akibat tidak ada pancaran ilahi di dalamnya. Term al-bas{ar dalam perspektif ‘isya>ri> dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori sistem indera lahir dan batin. Pada sistem indera penglihatan lahir bentuk term yang digunakan adalah عين . Sedangkan pada indera batin, term yang digunakan adalah البصر. Pada perspektif ini, term عمي juga dipakai untuk menjelaskan hal-hal yang terkait dengan term al-bas{ar dalam hal buta atau rusaknya penglihatan akibat tidak ada pancaran ilahi di dalamnya, sehingga tak dapat menerima cahaya petunjuk. 3)Perbandingan penafsiran ayat-ayat sistem indera pendengaran dan penglihatan perspektif tafsir ‘ilmi> dan ‘isyari, menghasilkan beberapa persamaan dan perbedaan. Persamaan kedua tafsir dalam menafsirkan ayat-ayat sistem indera pendengaran dan penglihatan adalah terletak pada penggunaan kaidah kebahasaan dan korelasi ayat yakni sama-sama memberikan makna term tersebut sebagai pendengaran. Adapun perbedaan kedua tafsir dalam menafsirkan ayat-ayat sistem indera pendengaran dan penglihatan adalah dalam hal penjelasan makna. Jika tafsir ‘ilmi . lebih kepada hal-hal lahir. Adapun tafsir ‘isyari lebih kepada hal-hal batin namun tidak lepas dari hal-hal lahir.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tafsir Al-Qur'an; Tafsir isyari; Tafsir ilmi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76131 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:28
Last Modified: 16 Feb 2021 06:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics