Pegaruh literasi digital dan literasi informasi keislaman terhadap hasil belajar afektif pendidikan agama Islam peserta didik SMA N 1 Kendal

Susilo, Hadi (2019) Pegaruh literasi digital dan literasi informasi keislaman terhadap hasil belajar afektif pendidikan agama Islam peserta didik SMA N 1 Kendal. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_1600118027_HADI_SUSILO]
Preview
Text (TESIS_1600118027_HADI_SUSILO)
TESIS_1600118027_HADI_SUSILO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidak adanya pengaruh yang signifikan antara literasi digital dan literasi informasi keislaman terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMA N 1 Kendal. Paul Gilster menyebutkan bahwa diantara komponen literasi digital adalah menyusun pengetahuan membangun suatu kumpulan informasi yang diperoleh dari beberapa sumber. Metode analisa yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif dan teknik statistic inferensial regresi ganda, dengan pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Responden berjumlah 121 peserta didik dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil hitung analisis regresi ganda dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Fhitung yaitu 3,441 lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikan 5% sebesar 3,073, maka artinya signifikan dan hipotesis dinyatakan diterima. Pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara literasi digital dan literasi informasi keislaman terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMA N 1 Kendal.

ABSTRACT:

This research to examine the presence or absence of a significant effect between digital literacy and Islamic information literacy on PAI learning outcomes of students in N 1 Kendal High School. Paul Gilster said that among the components of digital literacy is compiling knowledge to build a collection of information obtained from several sources. The analysis method used is descriptive statistical techniques and multiple regression inferential statistical techniques. by collecting data in the form of questionnaires, observations, and documentation. Respondents numbered 121 students using Cluster Random Sampling techniques. The calculate result in this research showed that F count (3,441) > F table (3,073) at level of significance 5%, it means that significant and hypothesis was accepted. Hypothesis test in this research showed that there was significant influence together between digital literacy and Islamic information literacy toward the result learning of PAI in students of SMA Negeri 1 Kendal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi digital; Literasi informasi; Informasi keislaman; Hasil belajar afektif; Pendidikan agama Islam; SMA Negeri; Kendal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:47
Last Modified: 16 Feb 2021 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12137

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics