Toleransi beragama pada mahasiswa muslim di Semarang : studi tentang pengaruh faktor lingkungan pendidikan, tipe kepribadian, dan orientasi keagamaan pada sikap toleransi beragama

Fihris, Fihris (2019) Toleransi beragama pada mahasiswa muslim di Semarang : studi tentang pengaruh faktor lingkungan pendidikan, tipe kepribadian, dan orientasi keagamaan pada sikap toleransi beragama. Dr/PhD thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of DISERTASI_1400039008_FIHRIS]
Preview
Text (DISERTASI_1400039008_FIHRIS)
DISERTASI_1400039008_FIHRIS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam masyarakat religius yang plural, toleransi beragama sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang damai dalam interaksi sosialnya. Tingkat toleransi beragama dalam suatu masyarakat dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh utama maupun interaktif (baik secara berpasangan dan simultan) faktor lingkungan pendidikan, tipe kepribadian, dan orientasi keagamaan pada toleransi beragama antar kelompok mahasiswa muslim berdasarkan banyak faktor.
Untuk menguji pengaruh faktor-faktor tersebut, data dikumpulkan dari 794 mahasiswa yang dipilih secara klaster dari mahasiswa muslim di lima perguruan tinggi di Semarang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang didesain secara khusus untuk penelitian ini, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis varian faktorial 222 jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh utama pada toleransi beragama terjadi pada faktor lingkungan pendidikan dan tipe kepribadian, tetapi tidak terjadi pada faktor orientasi keagamaan. Sedangkan pengaruh interaktif antar ketiga faktor, baik secara berpasangan maupun simultan, pada toleransi beragama tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa perbedaan lingkungan pendidikan (homogin dan heterogin) secara konsisten tercerminkan pada perbedaan toleransi beragama, apapun tipe kepribadian dan orientasi keagamaan subjek. Demikian juga, perbedaan tipe kepribadian (introvert dan ekstrovert) secara konsisten tercerminkan pada perbedaan toleransi beragama, apapun lingkungan pendidikan dan orientasi keagamaan subjek. Sedangkan perbedaan orientasi keagamaan (intrinsik dan ekstrinsik) tidak tercerminkan dalam perbedaan toleransi beragama, walaupun lingkungan pendidikan dan tipe kepribadian subjek berbeda.

ABSTRACT:

In a pluralistic religious society, religious tolerance is very important to create a peaceful life in social interaction. The level of religious tolerance in a society is influenced by many factors. This study aims to investigate the main and inactive effects (both in pairs and simultaneously) of factors of educational environment, type of personality, and religious orientation on religious tolerance among Muslim student groups based on such factors.
To test the influence of these factors, data was collected from 794 students selected by clustered sampling from Muslim students studying at five universities in Semarang. Data were collected by using a questionnaire, especifically designed for this study and, subsequently analyzed by using 222 way-factorial analysis of variance.
The results of analysis showed that the main influence on religious tolerance occurred for factors of educational environmental variance and type of personality, but did not occur for religious orientation factor. While the interactive influence between the three factors, both in pairs and simultaneously, on religious tolerance does not show significant results. These findings show that differences in the educational environment (homogeneous and heterogeneous) are consistently reflected in differences in religious tolerance, regardless of the personality type and religious orientation of the subjects. Likewise, differences in types of personality (introverts and extroverts) are consistently reflected in differences in religious tolerance, regardless of the educational environment and religious orientation of the subjects. While differences in religious orientation (intrinsic and extrinsic) are not not reflected in differences in religious tolerance, although the educational environment and type of personality of the subject are different.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Toleransi beragama; Mahasiswa muslim; Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Feb 2021 05:24
Last Modified: 22 Feb 2021 05:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12169

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics