Manajemen peserta didik dalam mencapai visi di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati

Umam, Khotibul (2019) Manajemen peserta didik dalam mencapai visi di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen Margoyoso Pati. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of TESIS_1703038015_KHOTIBUL_UMAM]
Preview
Text (TESIS_1703038015_KHOTIBUL_UMAM)
TESIS_1703038015_KHOTIBUL_UMAM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan manajemen peserta didik di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah dalam mencapai visinya, (2) mendeskripsikan pemaknaan MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah terhadap visinya, serta pencapaian MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah terhadap visinya.
Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif. Data dianalisis melalui pengumpulan data baik yang bersumber dari place (keadaan dan tempat) atau person (nara sumber) dan juga paper (dokumen-dokumen). Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan pemilihan dan pemilahan data, reduksi data. Setelah itu dilakukan penyajian data. Dan pada tahap akhir dilakukanlah penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen peserta didik di MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang meliputi : a. Analisis kebutuhan peserta didik,b. Sosialisasi peneriman peserta didik baru, c. Rekrutmen peserta didik baru melalui sistem seleksi yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dan kesiapan calon peserta didik, d. Orientasi tentang kemadrasahan, e. Penempatan peserta didik, f.Pembinaan dan pengembangan peserta didik, serta g. Pencatatan dan pelaporan, dan h. Kelulusan dan alumni (2) MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah memiliki definisinya sendiri terhadap visi yang dimiliki, serta mengukur tingkat pencapaian terhadap visi yang dimiliki berdasarkan terlaksananya misi serta outcome.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen peserta didik; Visi madrasah; MA Perguruan Islam Mathali’ul Falah; Pati
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:40
Last Modified: 24 Feb 2021 08:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12189

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics