Kosmologi dalam pandangan Frithjof Schuon (As-Syaikh Muhammad Isa Nuruddin Ahmad)

Nurhidayanti, Atika (2019) Kosmologi dalam pandangan Frithjof Schuon (As-Syaikh Muhammad Isa Nuruddin Ahmad). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504016016_ATIKA_NURHIDAYANTI]
Preview
Text (SKRIPSI_1504016016_ATIKA_NURHIDAYANTI)
SKRIPSI_1504016016_ATIKA_NURHIDAYANTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada era modern ini kondisi alam semesta sangat mengalami banyak perubahan, fenomena alam yang bervariasi, siklus alam yang tidak stabil, krisis lingkungan yang semakin memburuk serta bencana alam yang tidak ada hentinya terjadi. Di era seperti sekarang ini manusia relatif tidak memahami dunia ini secara mendalam. Melihat permasalahan tesebut penulis mencoba membahas konsep Kosmologi menurut pandangan Frithjof Schuon. Dimana pemikiran kosmologinya lebih mengacu pada kosmologi metafisis. Untuk memahami segala realitas dengan mencoba memahami simbolisme dan fenomena-fenomena. Agar mampu mengetahui “substansi dari segala sebstansi” adalah yang Riil secara mutlak.
Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Penggumpulan data dalam menyusun sripsi ini dengan menggunakan penelitian kepustakaan. Sumber primer yang berasal dari buku karya Frithjof Schuon yang berjudul Understanding Islam yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dengan judul Memahami Islam, oleh Anas Mahyuddin. Serta beberapa sumber sekunder seperti, buku-buku pendukung yang berhubungan dengan topik pembahsan mengenai kosomologi. Metode analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode content analysis. Analisis ini mencoba menawarkan berbagai macam asumsi epistemologis terhadap pemahaman yang tidak hanya bekutat pada analisis teks tetapi menghubungkan kontekstualisasinya dalam masa yang berbeda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pandangan kosmologi Frithjof Schuon cukup relevan jika kita sebagai umat Islam mampu untuk membaca dan memaknai alam dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita mampu memaksimalkan cinta kita kepada Tuhan. Kurangnya pengetahuan kita bahwa dibalik alam ini terdapat campur tangan yang luar biasa dari Tuhan, menyebabkan banyak dari kita lalai bahkan bersikap masa bodoh terhadap gejala alam dan peristiwa alam yang ada. Jika kita memiliki tekad untuk mempelajari salah satu pandangan kosmologi (alam) dari beberapa tokoh seperti Frithjof Schuon, terdapat kemungkinan kita akan mampu lebih menghargai alam ini serta akan menambah wawasan kita mengenai betapa berharga nya alam ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kosmologi; Frithjof Schuon; Filsafat Islam; Filsafat alam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 110 Metaphysics > 113 Cosmology (Philosophy of nature)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:17
Last Modified: 13 Jun 2021 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12200

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics