Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 62 tentang pluralisme agama menurut perspektif Sayyid Muhammad Hussain Thabathaba’i

Nisa, Sovwatun (2019) Tafsir Q.S. Al-Baqarah ayat 62 tentang pluralisme agama menurut perspektif Sayyid Muhammad Hussain Thabathaba’i. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1404026001_SOVWATUN_NISA]
Preview
Text (SKRIPSI_1404026001_SOVWATUN_NISA)
skripsi_1404026001_sovwatun_nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an dengan keotentikannya yang tidak pernah usai pembahasan dan pemahamannya, faktor lain yang melatar belakangi para cendekiawan dan tokoh muslim mapun non muslim tidak henti-hentinya mengupas tentang kebenaran dan kedalam keilmuan yang terkandung didalamnya adalah karena al-Qur’an itu sendiri sebagai pedoman bagi setiap muslim. Sehingga, setiap hal yang berkaitan dengan al-Qur’an akan selalu menjadi pembahasan yang menarik, tak terkecuali QS. al-Baqarah ayat 62, ayat tersebut seringkali dikaitkan dengan permasalah pluralisme agama, ayat ini jelas sudah lama ada, ketika diwahyukan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, namun pembahasan pluralisme yang muncul pada paruh abad ini dan disebarluaskan oleh kalangan pemikir Kristen ini seakan-akan menegaskan bahwa ayat ini adalah ayat tentang pluralism agama.
Dalam pembahasan QS. Al-Baqarah ayat 62 dan pluralisme agama penulis lebih mengarah pada penafsiran Sayyid Muhammad Hussain Thabathaba’i dalam tafsirnya al-Mizan. Beliau adalah salah satu tokoh syi’ah yang pemikirannya banyak dianut kalangan cendekiawan meskipun mereka bukan dari golongan syi’ah. Beliau memaknai QS. Al Baqarah ayat 62 bahwa Allah tidak memandang penting nama, seperti orang-orang Kristiani atau orang-orang shabii. Manusia tidak dapat memperoleh pahala dari Allah, dan juga dia tidak dapat diselamatkan dari hukuman, semata-mata karena memberikan kepada diri sendiri sebutan-sebutan yang bagus, dapat diartikan bahwa pendapat beliau ini mengarah kepada pluralisme agama, yang mana pluralisme ini membebaskan seseorang memilih jalannya atau agamanya sesuai keinginannya, tetapi tujuannya hanya satu ketika ia beriman kepada Allah dan beramal sholih.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan penulis cenderung kepada pendapat lain tentang pemaknaan ayat ini, bisa ditarik kesimpulan dengan pemaknaan beliau seperti diatas, maka Nasrani dan Shabi’i hanyalah sebuah nama dan membedakan antara iman dan agama yang dianut seseorang, dengan begitu bisa diambil kesimpulan bahwa orang yang beriman tidak harus beragama Islam, sehingga penafsiran beliau ini mengarah kepada pluralisme agama, yang notabenenya dilandasi pada pembenaran semua agama dan menyatakan yang dituju itu satu yakni Tuhan alam semesta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pluralisme agama; Tafsir Al-Qur'an; Sayyid Muhammad Hussain Thabathaba’i
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Mar 2021 08:27
Last Modified: 16 Nov 2021 06:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics