Kritik ḥadīṡ dalam kitab Waṣiyyah al-Muṣṭafā karya Abd al-Wahhāb asy-Sya’rānī : faṣl ḥifẓ al-lisan, faṣl fi al-ḥaya’, faṣl fi żamm ad-dunya, faṣl fi ta’rif aḥwal an-nas ‘inda Allah ta’ala

Najihah, Lailin (2019) Kritik ḥadīṡ dalam kitab Waṣiyyah al-Muṣṭafā karya Abd al-Wahhāb asy-Sya’rānī : faṣl ḥifẓ al-lisan, faṣl fi al-ḥaya’, faṣl fi żamm ad-dunya, faṣl fi ta’rif aḥwal an-nas ‘inda Allah ta’ala. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1404026010_LAILIN_NAJIHAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1404026010_LAILIN_NAJIHAH)
SKRIPSI_1404026010_LAILIN_NAJIHAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kitab Waṣiyyah al-Muṣṭafā populer sebagai bahan kajian dibeberapa lembaga pendidikan contohnya Pondok Al-Amien di Purwokerto dan sebagai bahan diskusi wajib oleh sebuah kelompok bernama Ordo Futuwwah yang umumnya mengkajinya sebagai bahan ajar agar isinya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kajian perihal kualitas ḥadīṡ-ḥadīṡnya belum pernah dilakukan dan tentu ini menarik untuk diteliti guna menemukan kualitas ḥadīṡ-ḥadīṡ yang ada didalamnya.
Mengingat banyaknya ḥadīṡ yang terkandung dalam kitab ini, maka penelitian kritik ḥadīṡ ini difokuskan pada 4 faṣl yang mencakup 6 ḥadīṡ saja. Empat faṣl itu adalah faṣl ḥifẓ al-lisan (faṣl tentang menjaga lisan) yang berisi 3 ḥadīṡ, faṣl fi al-ḥaya’ (faṣl tentang rasa malu) yang berisi 1 ḥadīṡ, faṣl fi żamm ad-dunya (faṣl tentang kehinaan dunia) yang berisi 1 ḥadīṡ, dan faṣl fi ta’rif aḥwal an-nas ‘inda Allah ta’ala (faṣl tentang kriteria karakter manusia menurut Allah ta’ala) yang berisi 1 ḥadīṡ. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kualitas ḥadīṡ-ḥadīṡ dalam kitab Waṣiyyah al-Muṣṭafā karya asy-Sya’rānī? 2. Bagaimana pemahaman ḥadīṡ-ḥadīṡ dalam kitab Waṣiyyah al-Muṣṭafā karya asy-Sya’rānī?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif dalam rangka pemecahan masalah dengan cara menuturkan, menyelidiki, menganalisis serta mengklarifikasi sumber data. Dan menggunakan metode kritik ḥadīṡ untuk menganalisis sanad dan matan ḥadīṡ. Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah: Pertama mengetahui kualitas ḥadīṡ-ḥadīṡ yang ada dalam kitab Waṣiyyah al-Muṣṭafā. Kedua, mengetahui pemahaman ḥadīṡ-ḥadīṡ yang ada dalam kitab Waṣiyyah al-Muṣṭafā.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kritik ḥadīṡ; Waṣiyyah al-Muṣṭafā; Abd al-Wahhāb asy-Sya’rānī
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Mar 2021 08:42
Last Modified: 16 Nov 2021 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12207

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics