Praktik gurah di Rumah Sehat Basthotan Holistik Center (BHC) Semarang : studi living hadits

Huda, M. Miftachul (2019) Praktik gurah di Rumah Sehat Basthotan Holistik Center (BHC) Semarang : studi living hadits. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_150402611_M_MIFTACHUL_HUDA]
Preview
Text (SKRIPSI_150402611_M_MIFTACHUL_HUDA)
SKRIPSI_150402611_M_MIFTACHUL_HUDA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hadits merupakan suatu bagian yang penting bagi masyarakat karena di dalamnya terungkap tentang berbagai tradisi pada masa nabi Pengobatan dengan metode thibbun nabawi sering dilakukan masyarakat sebagai pengobatan yang dianggap herbal yang bersumber dari Nabi SAW. Gurah merupakan salah satu pengobatan yang menggunakan metode tibbun nabbawi. Salah satu tempat yang mempraktikkan gurah yaitu Di Rumah Sehat Basthotan Holistik Center (BHC) Semarang milik bapak Didi Rudita yang berlokasi di area Masjid Agung Jawa Tengah tepatnya di Area Perkantoran No. 103 Masjid Agung Jawa Tengah, Jl. Gajah Raya Semarang.
Fokus pembahasan terkait dengan apa yang mendasari pelaksanaan Praktik Pengobatan Gurah Dalam Hadits dan bagaimana pelaksanaan Praktik Gurah Di Rumah Sehat Basthotan Holistik Center (BHC) Semarang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode living hadits dengan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Mengenai analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, penulis menggunakan bentuk analisis deskriptif kualitatif data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Praktik Gurah di Rumah Sehat Basthotan Holistik Center (BHC) Semarang dan makna gurah di Rumah Sehat Basthotan Holistik Center (BHC) Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, peneliti berkesimpulan Secara garis besar praktik gurah yang dilakukan oleh bapak Didi Rudita karena beliau ingin mengobati penyakit fisik maupun ruhani yang terbukti efektif dengan biaya yang murah dan berdasarkan metode thibbun nabawi. Bentuk praktik gurahnya yaitu:
a. Tahapan persiapan meliputi penyiapan tempat, pembuatan ramuan, pemberian penjelasan mengenai proses gurah, rileksasi.
b. Tahapan pelaksanaan meliputi proses penggurahan.
Sedangkan Rumah Sehat Basthotan Holistik Center (BHC) Semarang memaknai praktik gurah sebagai salah satu metode pengobatan thibbun nabawi. kedua, gurah adalah mengeluarkan lendir dengan memasukan ramuan ke hidung. Ketiga, gurah bertujuan untuk pengobatan, walaupun masih ada yang bertujuan untuk memperindah suara. Kemudian para pasien memaknai praktik gurah sebagai bentuk pengobatan yang berdasarkan metode thibbun nabawi, biaya yang murah, menggunakan bahan-bahan alami, tidak menyebabkan efek samping.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Living hadits; Gurah; Pengobatan tradisional; Rumah Sehat; Basthotan Holistik Center (BHC) Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.266 Islam and technology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Mar 2021 08:54
Last Modified: 13 Nov 2021 06:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12214

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics