Hubungan maḥabbah dengan agresivitas di SMA Al-Irsyad Kota Tegal

Yuliana, Gita (2019) Hubungan maḥabbah dengan agresivitas di SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046002_GITA_YULIANA]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046002_GITA_YULIANA)
SKRIPSI_1504046002_GITA_YULIANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Maḥabbah yaitu rasa cinta yang mutlak kepada Allah yang dibuktikan dengan selalu menaati perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Maḥabbah itu sendiri akan menjadikan seseorang senantiasa taat dan patuh atas ajaran Allah. Dalam kehidupan manusia, cinta menampakan diri dalam berbagai bentuk, mulai cinta pada dirinya sendiri, teman, orang tua, dan Tuhannya. Salah satu permasalahan yang timbul di remaja yaitu sifat agresivifatas. Pemicu umum dari agresi adalah suatu kondisi emosi tertentu, yang sering terlihat adalah emosi marah. Perasaan marah biasanya dipicu oleh hal-hal yang dinilai tidak menyenangkan, seperti kesulitan dalam hidup. Kemudian perasaan marah ini berlanjut pada keinginan untuk melampiaskannya dalam suatu bentuk tertentu pada objek tertentu. Maka sebagai upaya untuk menurunkan agresi yaitu dengn meredam emosi marah, salah satunya dengan Maḥabbah.
Penelitan ini berjudul “HUBUNGAN MAḤABBAH DENGAN AGRESIVITAS DI SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL” yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara maḥabbah dengan agresivitas di SMA al-Irsyad Kota Tegal. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab hipotesis bahwa Ada Hubungan Antara Maḥabbah dengan Agresivitas Siswa di SMA al-Irsyad Kota Tegal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan jumlah sampel berdasarkan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yaitu 50 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Karl Pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.
Berdasarkan analisis hasil menggunakan teknik korelasi product moment Berdasarkan uji hubungan antara maḥabbah dan agresivitas pada siswa SMA al-lrsyad Kota Tegal diperoleh rxy = 0,800 dengan p = 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan yang sangat signifikan antara maḥabbah dan agresivitas pada siswa SMA al Irsyad Kota Tegal. Hubungan ini sesuai hipotesis yang diajukan bahwa maḥabbah dapat mempengaruhi perilaku agresivitas siswa di SMA al-Irsyad Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Maḥabbah; Agresivitas; Siswa; SMA Al-Irsyad Kota Tegal
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:38
Last Modified: 19 Jun 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12239

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics