Perbedaan tingkat tasamuh mahasiswa yang tinggal di Ma’had Al Jami’ah Walisongo Semarang dengan mahasiswa yang tinggal di luar Ma’had Al-Jami’ah Walisongo Semarang

Rohmah, Lila Fatimatur (2019) Perbedaan tingkat tasamuh mahasiswa yang tinggal di Ma’had Al Jami’ah Walisongo Semarang dengan mahasiswa yang tinggal di luar Ma’had Al-Jami’ah Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046003_LILA_FATIMATUR_ROHMAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046003_LILA_FATIMATUR_ROHMAH)
SKRIPSI_1504046003_LILA_FATIMATUR_ROHMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara multikulturalisme dengan tingkat kemajemukan sangat tinggi yang mampu dijadikan sebagai sumber inspirasi bangsa namun juga mampu menimbulkan sosial konflik. Mahasiswa sebagai agen perubahan bangsa yang diharapkan kelak mampu memimpin bangsa dan memberi pengaruh terhadap masyarakat serta memiliki usia yang relatif matang dan berpendidikan tinggi ternyata tidak menjamin mahasiswa lepas dari konflik sosial. Tasa ̅muh dibutuhkan untuk menumbuhkembangkan sikap saling memahami dan menghargai perbedaan. Tempat tinggal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat tasa ̅muh.
Penelitian ini berjudul “Perbedaan Tingkat Tasa ̅muh Mahasiswa yang Tinggal di Ma’had al Jami’ah Walisongo Semarang dengan Mahasiswa yang Tinggal di Luar Ma’had al Jami’ah Walisongo Semarang” yang bertujuan untuk menguji secara empiris hipotesis yang berbunyi “Perbedaan Tingkat Tasa ̅muh antara Mahasiswa yang Tinggal di Ma’had al-Jami’ah Walisongo dengan Mahasiswa yang Tinggal di Luar Ma’had al-Jami’ah Walisongo.”
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan populasi mahasiswa UIN Walisongo. Subjek penelitian adalah mahasiswa UIN Walisongo yang tinggal di Ma’had al Jami’ah Walisongo Semarang dengan mahasiswa yang tinggal di luar Ma’had al Jami’ah Walisongo Semarang dengan jumlah 100 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran instrumen. Analisis data menggunakan Uji t Independent dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows.
Hasil uji hipotesis Independent sample Test diperoleh nilai signifikan dengan angka 0,298 yang berarti hipotesis ditolak karena nilai probabilitas lebih besar dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa “ada perbedaan tingkat tasa ̅muh mahasiswa yang tinggal di Ma’had al Jami’ah Walisongo Semarang dengan Mahasiswa yang tinggal di luar Ma’had al Jami’ah Walisongo semarang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tasamuh; Toleransi; Mmahasiswa; Ma’had Al Jami’ah; UIN Walisongo Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:47
Last Modified: 19 Jun 2021 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics