Hubungan tawakal dengan kemampuan resiliensi akademik : studi terhadap mahasiswa angkatan 2015 dalam bimbingan skripsi di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang thn. 2019

Hikmatul Fadzilah, Nurhamizah (2019) Hubungan tawakal dengan kemampuan resiliensi akademik : studi terhadap mahasiswa angkatan 2015 dalam bimbingan skripsi di Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang thn. 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046009_HIKMATUL_FADZILAH_NURHAMIZAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046009_HIKMATUL_FADZILAH_NURHAMIZAH)
SKRIPSI_1504046009_HIKMATUL_FADZILAH_NURHAMIZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi menghadapi tekanan dibandingkan mahasiswa yang tidak megejakan skripsi. Tekanan itu timbul karena beberapa faktor diantaranya: kesulitan merumuskan ide secara tertulis, kurangnya bacaan dan wawasan, kebingungan dalam menentukan topik untuk dibahas, kurangnya kemampuan mahasiswa dalam merumuskan permasalahan secara tertulis dengan baik dan kurangnya kesiapan mental. ketidakmampuan dalam melakukan penyesuaian diri dengan situasi dan tuntunan yang ada dapat menimbulkan tekanan-tekanan bagi mahasiswa. Oleh karena itu mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi membutuhkan kemampuan resiliensi. Resiliensi adalah kemampuan untuk bertahan dan beradaptasi serta kapasitas manusia untuk menghadapi dan memecahkan masalah setelah mengalami kesengsaraan. Menurut Grotberg salah satu faktor pendorong resiliensi adalah belief in God artinya percaya kepada Tuhan dalam tasawuf dinamakan tawakal. Tawakal menurut Imam Al-Ghazali didefinisikan penyerahan diri kepada Tuhan Yang Maha Pelindung.
Skripsi ini berjudul Hubungan Tawakal dengan Kemampuan Resiliensi Akademik (Studi Terhadap Mahasiswa Angkatan 2015 dalam Bimbingan Skripsi di Fakultas Ushuluddindan Humaniora UIN Walisongo Semarang thn.2019). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tawakal dengan kemampuan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. dengan melibatkan 58 sampel yang di peroleh dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program komputer SPSS versi 16.0 for windows berdasarkan output di atas, diketahui nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai Sig. (2-tailed) 0,000<lebih kecil dari 0,05, maka artinya ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel tawakal dan kemampuan resiliensi akademik. Diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,592. Derajat hubungan nilai pearson correlation mulai 0,41 s/d 0,60= korelasi sedang, artinya tingkat kekuatan hubungan antara variabel tawakal dengan kemampuan resiliensi akademik sebesar 0,592 hubungan atau sedang. Angka koefisien korelasi pada hasil di atas, bernilai positif yaitu 0,592. Sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah. Dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi tawakal mahasiswa maka kemampuan resiliensi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tawakal; Resiliensi akademik; Mahasiswa; Skripsi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:46
Last Modified: 19 Jun 2021 00:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12242

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics