Tafakkur sebagai metode menemukan makna dalam kehidupan : studi pemikiran Imam al-Ghazali

Iliyin, Fikri Muhamad (2019) Tafakkur sebagai metode menemukan makna dalam kehidupan : studi pemikiran Imam al-Ghazali. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046019_FIKRI_MUHAMAD_ILIYIN]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046019_FIKRI_MUHAMAD_ILIYIN)
SKRIPSI_1504046019_FIKRI_MUHAMAD_ILIYIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam kajian ini penulis mengangkat permasalahan tentang bagaimana tafakkur menjadi metode menemukan makna hidup yang dikaji menurut pemikiran Imam al-Ghazali. Adapun rumusan masalahnya adalah (1) bagaimana konsep tafakkur menurut Imam al-Ghazali (2) bagaimana tafakkur menjadi salah satu metode menemukan makna dalam hidup. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana konsep tafakkur menurut Imam al-Ghozali. (2) untuk mengetahui bagaimana tafakkur menjadi salah satu metode menemukan makna dalam hidup.
Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library resaach) tentang konsep Tafakkur Sebagai Metode Menemukan Makna dalam kehidupan: Studi Pemikiran Imam Al-Ghazali. Adapun yang melatarbelakangi penulis mengangkat permasalahan tentang konsep Tafakkur Sebagai Metode Menemukan Makna dalam kehidupan: Studi Pemikiran Imam Al-Ghazali karena: (1) pada zaman milenial seperti sekarang ini, tidak sedikit orang salah dalam memikirkan atau memaknai hidupnya (2) sepanjang pengetahuan penulis dan didukung dengan informasi akademik belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang membahas tentang konsep tafakkur menurut Imam al-Ghazali.
Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data Primer yaitu data yang diambil langsung dari kitab Ihya’ ‘Ulumuddin, dan data Sekunder adalah data yang diambil dari kitab-kitab, buku, artikel, jurnal website dan semua sumber bacaan lain yang relevan dengan objek penelitian. Kemudian tafakkur mengandung arti memikirkan, merenungkan, mengingat Allah segala ciptaannya yang tersebar dilangit dan dibumi bahkan yang ada di dalam raga dan jiwa manusia. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui: (1) mengumpulkan baik Primer maupun Sekunder yang ada hubungannya dengan masalah penelitian ini (2) setelah buku-buku terkumpul kemudian ditela`ah serta mencatat materi materi yang ada hubungannya dengan penelitian ini (3) selanjutnya di klasifikasikan kedalam bagian-bagian atau konsep-konsep yang sesuai dengan masalah penelitian tentang tafakkur dan makna hidup. Setelah data terkumpul dan dianalisis sehingga diperoleh suatu kesimpulan bahwa konsep tafakkur Imam al-Ghazali bisa menjadi salah satu metode menemukan makna dalam kehiduupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tafakkur; Makna kehidupan; Imam al-Ghazali
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Mar 2021 08:50
Last Modified: 19 Jun 2021 01:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics