Mujahadah untuk mengembangkan kontrol diri Santri

Yusuf, Rois Abdullah Badruddin (2019) Mujahadah untuk mengembangkan kontrol diri Santri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401016082_ROIS_ABDULLAH_BADRUDDIN_YUSUF]
Preview
Text (SKRIPSI_1401016082_ROIS_ABDULLAH_BADRUDDIN_YUSUF)
SKRIPSI_1401016082_ROIS_ABDULLAH_BADRUDDIN_YUSUF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Individu yang memiliki kontrol diri yang lebih tinggi akan mampu mengatur dan mengarahkan perilakunya pada konsekuensi yang positif dan mampu mengendalikan dan menekan stimulus yang memicu emosi. Adapun individu yang memiliki kontrol diri rendah, maka individu tersebut tidak mampu mengarahkan dan mengatur perilakunya atau berperilaku yang cenderung negatif. Disinilah peran mujahadah di perlukan dalam salah satu upaya mengembangkan kontrol diri santri yang terdapat di pondok pesantren Asraman Perguruan Islam (API) Sumanding Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi kontrol diri santri di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Sumanding Jepara, (2) mengetahui pelaksanaan mujahadah di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Sumanding Jepara.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, waawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh secara langsung dari hasil wawanacara dengan pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren asrama perguruan Islam (API) Sumanding Jepara. Adapun sumber data sekunder yaitu sumber data tidak langsung yang diperoleh dari buku-buku, dokumen, literatur, dan bacaan terkait. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, berupa data reduction (reduksi data), data display (tampilan data), dan Conclusion (Kesimpulan).
Hasil penelitian ini adalah: Pertama, kondisi kontrol diri santri di pondok pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Sumanding Jepara dapat dilihat dari lima aspek yaitu: kemampuan mengontrol perilaku, kemampuan mengontrol stimulus, kemampuan mengantisipasi suatu peristiwa atau kejadian, kemampuan menafsirkan peristiwa atau kejadian, dan kemampuan mengontrol keputusan. Santri memiliki kontrol diri yang berbeda-beda, terdapat santri yang memiliki kontrol diri yang baik terhadap aturan, norma dan kondisi sosial, namun terdapat juga santri yang memiliki kontrol diri yang kurang baik seperti, sering melanggar tata tertib pondok pesantren, mudah terpengaruh, belum mampu mempertimbangkan dengan baik resiko yang akan diterima, selalu berfikir negatif terhadap masalah yang dihadapinya, terburu-buru dalam bertindak. Hal ini dimungkinkan karena adanya latar belakang lingkungan rumah daerah asal, usia yang belum matang dan kuatnya pengaruh teman sebaya hal ini mengingat keadaan anak yang jauh dari keluarga.
Kedua, pelaksanaan mujahadah dalam mengembangkan kontrol diri santri di pondok pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Sumanding Jepara adalah mujahadah jenis yaumiyah yakni yang dilakukan setelah maghrib dan tengah malam. Mujahadah merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghentikan gambaran-gambaran negatif serta dapat mengobati penyakit psikologis terutama dalam meningkatkan kontrol diri. Karena pada dasarnya mujahadah tersebut dapat menenangkan jiwa seseorang. Internalisasi dari pemaknaan mujahadah dapat menumbuhkan dan meningkatkan kontrol diri terutama dalam mengontrol perilaku yang menyimpang dari ajaran agama Islam. Mujahadah yang di laksanakan di pondok pesantren asrama perguruan Islam (API) Sumanding Jepara cukup efektif dalam mengembangkan kontrol diri santri. Santri yang melaksanakan mujahadah mengalami perubahan perilaku menjadi lebih baik, santri lebih berhati-hati dan mampu mengontrol hawa nafsu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mujahadah; Kontrol Diri; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Anis Masruroh
Date Deposited: 16 Mar 2021 13:44
Last Modified: 22 May 2021 07:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics