Motivasi jama’ah putri dalam mengikuti pengajian Ahad Pagi Pondok Pesantren Al-Itqon Bugen Pedurungan Semarang

Niswah, Ulfatun (2019) Motivasi jama’ah putri dalam mengikuti pengajian Ahad Pagi Pondok Pesantren Al-Itqon Bugen Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046026_ULFATUN_NISWAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046026_ULFATUN_NISWAH)
SKRIPSI_1504046026_ULFATUN_NISWAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi setiap orang mengikuti pengajian pasti berbeda-beda, Pengajian yang rutin di adakan setiap satu minggu sekali, pasti memiliki motivasi yang kuat dalam dirinya, banyak pengajian yang di ikuti dari mulai orang tua sampai anak muda. Mereka pasti memiliki motivasi yang kuat untuk bisa datang mengikuti pengajian yang ada.
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitan ini adalah, Apa motivasi jama’ah mengikuti pengajian Ahad pagi Pondok Pesatren Al-Itqon Bugen Pedurungan Semarang? Dan Bagaimana latar belakang jama’ah dilihat dari usia para jama’ah mengikuti pengajian Ahad Pagi Pondok Pesatren Al-Itqon Bugen Pedurungan Semarang ?
Penelitian ini menggunakan purposive sampling dalam proses pengumpulan data sudah tidak lagi ditemukan variasi informasi, maka peneliti tidak perlu lagi untuk mencari informan baru, proses pengumpulan informasi dianggap sudah selesai, peneliti mengumpulkan data secara langsung di tempat penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) yaitu penelitian yang mana seorang peneliti harus terjun langsung ke lapangan, terlibat langsung dengan partisipan. Serta ikut merasakan dan sekaligus mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang situasi setempat.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa motivasi jama’ah putri mengikuti pengajian ahad pagi di pondok pesantren Bugen Pedurungan Semarang ini adalah karena adanya kebutuhan secara fisiologis, kebutuhan rasa kasih sayang, kebutuhan rasa aman, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan untuk mengaktualisasi diri, yang mengacu dari teori Maslow hirarki kebutuhan. Jama’ah mengikuti pengajian karena ajakan ada yang dari suami, teman, dan tetangga, pengajian yang dilaksanakan pada hari ahad pagi.
Latar belakang mereka mengikuti pengajian yang di lihat dari umur, mereka mengikuti pengajian karena ingin mengisi waktu luang, sehingga waktu mereka bisa bermanfaat dengan mengikuti pengajian ahad pagi dan tidak terbuang sia-sia, meskipun dari latar belakang yang berbeda-beda mulai dari mahasiswa, pekerja pabrik, serta ibu rumah tangga, tetapi mereka tetap semangat mengikuti pengajian ahad pagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Jamaah putri; Pengajian; Pondok pesantren
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:50
Last Modified: 15 Jul 2021 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics