Efektivitas hipnoterapi terhadap penurunan kecemasan ibu hamil menghadapi persalinan di Puskesmas Randublatung Kabupaten Blora

Fauzi, Muhammad Noor Ridho (2019) Efektivitas hipnoterapi terhadap penurunan kecemasan ibu hamil menghadapi persalinan di Puskesmas Randublatung Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046060_MUHAMMAD_NOOR_RIDHO_FAUZI]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046060_MUHAMMAD_NOOR_RIDHO_FAUZI)
SKRIPSI_1504046060_MUHAMMAD_NOOR_RIDHO_FAUZI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Hipnoterapi untuk menurunkan kecemasan pada ibu hamil menghadapi persalinan. Peneliti mencoba mengatasi permasalahan kecemasan pada ibu hamil trisemester ke III dengan memberikan treatment hipnoterapi kepada 3 (tiga) orang ibu hamil trisemester III di Puskesmas Randublatung, Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Case Experimental Design khususnya A-B-A design sebagai rancangan penelitiannya. Pengukuran kecemasan dilakukan saat Baseline, Treatment, Baseline setelah Treatment untuk mendapatkan gambaran perubahan tingkat kecemasan yang jelas pada masing masing subjek penelitian. Ketiga subjek yang diberikan Hipnoterapi mengalami penurunan tingkat kecemasan yang dapat dilihat melalui hasil wawancara, dan observasi, serta pengukuran menggunakan alat ukur Hamilton anxiety rating scale (HARS). Analisis data dilakukan secara deskriptif, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Ketiga subjek mengalami penurunan skor yang cukup besar. Ketiga subjek mengalami penurunan skor yang cukup besar diperkirakan karena ketaatan subjek untuk mengikuti treatment Hipnoterapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hipnoterapi; Kecemasan; Ibu hamil; Persalinan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 615 Pharmacology and theraputics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:51
Last Modified: 19 Jun 2021 00:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics