Terapi dzikir shalaawat naariyah untuk menurunkan kenakalan siswa : studi kasus di MA Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Kabupaten Pati

Alfuni'mah, Atana (2019) Terapi dzikir shalaawat naariyah untuk menurunkan kenakalan siswa : studi kasus di MA Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1504046069_atana_alfuni'mah]
Preview
Text (skripsi_1504046069_atana_alfuni'mah)
skripsi_1504046069_atana_alfuni'mah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kenakalan Remaja Yang di Latar Belakangi Broken Home banyak di alami peserta didik. Terutama di MA Madarijul Huda. Siswa dengan Kondisi tersebut sangat mengganggu proses belajar mengajar di sekolah. Penanganan bisa dilakukan dengan pendekatan secara lahir maupun batin. Pendekatan secara lahir batin bisa dilakukan salah satunya dengan terapi dzikir shalawat nariyah.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami, mengidentifikasi dan menjelaskan (1) Bagaimana Kenakalan Siswa yang Di Latar Belakangi Keluarga Broken Home? (2) Apakah Terapi Shalawat Nariyah dapat Mengatasi Kenakalan Siswa?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan Participation Action Reserch, yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan dan pendekatan langsung peneliti terhadap subjek. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau kesimpulan.
Shalawat nariyah menjadi jawaban dari bagian pencapaian kepribadian baik, dan meningkatkan kualitas siswa dari tingkat spiritualitas. Shalawat nariyah dibaca setiap hari guna menetralkan dan menenangkan kondisi otak dari ketegangan suatu kejadian sebelum berangkat sekolah dan keadaan di dalam kelas yang penuh dengan tugas mandiri maupun kelompok. Mengamalkan makna yang terkandung dalam shalawat nariyah ke dalam keseharian siswa dalam proses belajar. Dan menjadi konseling terapi dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Agar hati dan pikiran kembali tenang. Efek terapi shalawat nariyah mampu menggerakkan kondisi dimana siswa yang enggan berkomunikasi menjadi berani berkomunikasi, mengeluarkan pendapat dan berani mengakui kesalahan serta bangkit dari kenakalan yang selama ini dilakukannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terapi dzikir; Shalaawat naariyah; Kenakalan remaja
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 08:04
Last Modified: 22 Mar 2021 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12264

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics