Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak di SDN 2 Kedungasem Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang

Andriani, Sisca Elita (2019) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak di SDN 2 Kedungasem Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1504046078_sisca_elita_andriani]
Preview
Text (skripsi_1504046078_sisca_elita_andriani)
skripsi_1504046078_sisca_elita_andriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak di SDN 2 Kedungasem Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang”. Pola asuh orang tua pada dasarnya merupakan implementasi dari sikap dan perilaku orang tua terhadap anaknya, yang akan mewujudkan suasana hubungan orang tua dengan anak. Karena sikap dan perilaku orang tua yang akan membentuk perkembangan anak. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan satu variabel independen dan satu variabel dependen. Dalam penelitian ini teknik analisis regresi sederhana digunakan untuk menentukan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak di SDN 2 Kedungasem Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa SDN 2 Kedungasem dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 83 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, dokumentasi, dan metode analisis data yang dibantu dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 16.0 for windows. Berdasarkan uji hipotesis hasil perhitungan analisis regresi linier diperoleh thitung < ttabel nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Nilai Signifikan sebesar 0,011 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar anak di SDN 2 Kedungasem Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; Orang tua; Prestasi belajar; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 08:09
Last Modified: 19 Jun 2021 00:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12265

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics