Efektivitas penggunaan media e-learning berbasis Moodle terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi Hidrokarbon MA Sunniyyah Grobogan

Khoiriyah, Faridah Himmatul (2019) Efektivitas penggunaan media e-learning berbasis Moodle terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas XI pada materi Hidrokarbon MA Sunniyyah Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503076004_FARIDAH_HIMMATUL_KHOIRIYAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1503076004_FARIDAH_HIMMATUL_KHOIRIYAH)
SKRIPSI_1503076004_FARIDAH_HIMMATUL_KHOIRIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media e-learning berbasis moodle terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dimulai dengan melakukan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian diberikan perlakuan (pemberian media e-learning berbasis moodle pada kelas eksperimen dan media konvensional pada kelas kontrol) dan diakhiri dengan melakukan posttest. Hasil uji t pada analisis hipotesis I (motivasi belajar) menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata motivasi belajar kelas kontrol. Adapun rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 78,92 dan rata-rata motivasi belajar kelas kontrol sebesar 69,32. Hal ini didukung dengan hasil n-gain kelas eksperimen sebesar 0,354 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,077 (rendah). Selain itu, pada uji hipotesis II (analisis hasil belajar) diperoleh hasil rata-rata hasil belajar hidrokarbon kelas eksperimen sebesar 77,39 dan rata-rata hasil belajar hidrokarbon kelas kontrol sebesar 62,46. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata posttest hasil belajar kelas kontrol. Hal ini didukung dengan hasil n-gain kelas eksperimen sebesar 0,573 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,297 (rendah). Berdasarkan hasil posttest motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media e-learning berbasis moodle efektif terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA MA Sunniyyah Selo Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; E-learning; Moodle; Motivasi belajar; Hasil belajar; Peserta didik; Hidrokarbon; MA Sunniyyah Grobogan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 546 Inorganic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Mar 2021 05:57
Last Modified: 23 Mar 2021 06:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12283

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics