Pengaruh penambahan sorbitol terhadap karakteristik plastik biodegradable berbahan selulosa dari cangkang buah nipah (Nypa fruticans)

Isnaini, Syarifatul Ulya Nur (2019) Pengaruh penambahan sorbitol terhadap karakteristik plastik biodegradable berbahan selulosa dari cangkang buah nipah (Nypa fruticans). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1508036011_SYARIFATUL_ULYA_NUR_ISNAINI]
Preview
Text (SKRIPSI_1508036011_SYARIFATUL_ULYA_NUR_ISNAINI)
SKRIPSI_1508036011_SYARIFATUL_ULYA_NUR_ISNAINI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penumpukan sampah plastik yang semakin meningkat menyebabkan pencemaran dan kerusakan bagi lingkungan hidup. Alternatif yang dapat digunakan untuk menanggulangi masalah tersebut yaitu dengan mensintesis plastik biodegradable dari bahan terbarukan (renewable resources). Bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu selulosa dari cangkang buah nipah (Nypa fruticans) dengan nilai presentase sebesar 45,6%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik dan pengaruh penambahan sorbitol pada plastik biodegradable yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sorbitol terbukti mempengaruhi hasil karakteristik plastik biodegradable. Peningkatan volume plasticizer sorbitol dapat meningkatkan nilai persen pemanjangan dan menurunkan nilai kuat tarik pada penambahan sorbitol berlebih/2mL. Semakin banyak volume sorbitol yang ditambahkan, maka nilai daya serap air (%) semakin menurun sehingga lebih mudah terdegradasi dalam tanah. Berdasarkan Standar Mutu Plastik Biodegradable diperoleh nilai optimum pada penambahan sorbitol sebanyak 1 mL dengan nilai persen pemanjangan (12,75 %) dan nilai kuat tarik (8,92 Mpa) sedangkan untuk nilai daya serap air (63,05 %) dan uji degradasinya (73,34 %) pada penambahan sorbitol sebanyak 2 mL. Hasil identifikasi gugus fungsi plastik biodegradable memiliki daerah serapan yang mirip pada gugus fungsi komponen awalnya baik pada gugus O-H, C-H, N-H dan C-O dan tidak terbentuk gugus fungsi baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penambahan sorbitol; Plastik biodegradable; Selulosa; Cangkang buah nipah; Nypa fruticans; Sampah plastik
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 547 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 47201 - Kimia
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:28
Last Modified: 23 Mar 2021 06:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12286

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics