Analisis hukum Islam terhadap pemberian mahar tambahan berupa ikrar sumpah pemuda dalam FORTAIS (Forum Ta'aruf Indonesia di Yogyakarta

Adi, Tejo Baskoro Sumirat (2019) Analisis hukum Islam terhadap pemberian mahar tambahan berupa ikrar sumpah pemuda dalam FORTAIS (Forum Ta'aruf Indonesia di Yogyakarta. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502016053_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1502016053_Lengkap)
SKRIPSI_1502016053_TEJO BASKORO SUMIRAT ADI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mahar merupakan pemberian dari calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai wanita, baik berbentuk barang, uang atau jasa yang tidak bertentangan dengan hukum Islam. Pemberian mahar termasuk keutamaan agama Islam dalam melindungi dan memuliakan kaum wanita. Baru-baru ini telah terjadi Fenomena Unik, yaitu dalam sebuah acara perabotan rumah di Gedung Yogya Expo Center Bantul, Yogyakarta. Pernikahan yang dilakukan oleh pasangan antara Sophi Arifudin dengan Suyani adalah sebuah keunikan tersendiri. Pasangan tersebut menikah melalui Fortais (Forum Ta’aruf Indonesia). Perubahan-perubahan yang terjadi secara luas dalam masyarakat, prinsip-prinsip dan nilai religious harus diaplikasikan pada masa modernisasi masyarakat kekinian era sekarang ini. Pernikahan unik ini terjadi karena dalam hal mahar yang diberikan. Karena pada umumnya mahar berupa harta, barang, uang melainkan dengan menggunakan mahar Ikrar Sumpah Pemuda.
Berdasarkan latar belakang diatas, Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah. Pertama, Bagaimana deskripsi pemberian mahar berupa Ikrar Sumpah Pemuda dalam Fortais di Yogyakarta?.Kedua, Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pemberian mahar berupa Ikrar Sumpah Pemuda dalam Fortais di Yogyakarta ?
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dengan Wawancara, Observasi, Dokumentasi dan Analisis Data. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, karena metode yang digunakan adalah kualitatif. Yaitu bertujuan mendeskripsikan kasus yang ada pada mahar berupa Ikrar Sumpah,serta menggunakan analisis hukum Islam.
Hasil penelitian ini :Pertama, Pernikahan yang terjadi dalam Fortais (Forum Ta’aruf Indonesia) sebuah keunikan tersendiri, dikarenakan menggunakan mahar berupa Ikrar Sumpah Pemuda. Pemberian mahar dilakukan pada saat Ijab Qobul. Proses pemberian mahar dibaca terlebih dahulu kemudian dilanjutkan Ijab Qobul oleh Kepala KUA Banguntapan. Mahar utama pernikahan ini adalah seperangkat alat sholat dan ditambah dengan Ikrar Sumpah Pemuda.Hal yang menjadi faktor adanya pernikahan yaitu karena Menganut asas sederhana dan mempermudah mahar, Mengharapkan keberkahan, Memberikan motivasi kepada orang lain. Kedua, Mahar berupa Ikrar Sumpah pemuda, diperbolehkan secara agama dan undang-undang karena mahar utamanya yaitu seperangkat alat sholat sedangkan ikrar sumpah pemuda hanya sebagai tambahan. Dan selama mahar tambahan ini tidak melanggar aturan agama dan tidak merugikan orang lain, bahkan menjadi hal yang positif maka diperbolehkan. Hukum mahar ini adalah mubah atau diperbolehkan dengan beberapa syarat yang tidak menyalahi syariat Islam. Dan untuk menghindari kesalahpahaman masyarakat tentang mahar maka lebih baik cukup dengan mahar seperti harta, emas atau barang karena itulah yang digunakan pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mahar; Ikrar Sumpah Pemuda; Hukum Islam; Indonesia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Rosinita Nabila
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:05
Last Modified: 25 Mar 2021 02:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12316

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics