Analisis hukum Islam terhadap kriteria keluarga penerima manfaat bantuan pangan non tunai (Studi Kasus di Desa Kertosari Kabupaten kendal)

Syakur, Ahmad Murtadho Azka (2019) Analisis hukum Islam terhadap kriteria keluarga penerima manfaat bantuan pangan non tunai (Studi Kasus di Desa Kertosari Kabupaten kendal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132311084_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132311084_Lengkap)
SKRIPSI_AHMAD MURTADHO AZKA SYAKUR_132311084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai kejadian di masyarakat dimana penerima Bantuan Pangan Non Tunai tidak tepat sasaran sehingga masyarakat merasa tidak adil. Terdapat masyarakat miskin yang pantas menerima tetapi tidak mendapatkan bantuan tersebut, sebaliknya terdapat masyarakat yang kelihatan mampu, memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap justru mendapatkan bantuan. Sedangkan dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin telah dijelaskan mengenai dasar penetapan kriteria miskin. Atas dasar itulah persoalan ini menarik untuk diteliti.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kriteria Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai, Apakah Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai di Desa Kertosari sudah sesuai dengan kriteria yang berlaku dan Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap kriteria Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai di Desa Kertosari Kec. Singorojo Kab. Kendal.
Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan diatas yaitu dengan jenis penelitian non doktrinal yang berupa studi empiris. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yang menggambarkan dan menjabarkan secara jelas mengenai objek penelitian sesuai dengan fakta yang terjadi dilapangan. Hasil pengumpulan data penelitian berupa wawancara semi terstruktur kepada pihak-pihak yang berkaitan, observasi dengan terlibat ataupun tidak terlibat dalam melihat kedaan perekonomian penerima bantuan di Desa Kertosari, dan dokumentasi/studi pustaka didapat dari data-data/ informasi yang sudah ada di Undang-undang, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri Sosial dan data Kelurahan terkait Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai.
Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu, penerima bantuan harus dalam keadaan sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaan yang tergolong masyarakat miskin sesuai kriteria fakir miskin dan terdapat dalam basis data terpadu penanganan fakir miskin. Sedangkan kriteria miskin menurut Islam adalah sesuai dengan kriteria fakir miskin mustahiq zakat. Selain itu juga, di Indonesia telah dirumuskan mengenai prioritas penerima zakat yang mengacu pada batas kecukupan dalam kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yaitu had kifayah. Sehingga jika dikaitkan dengan kriteria fakir miskin diatas, penerima bantuan di Desa Kertosari masih banyak yang tidak tepat sasaran seperti : tidak meratanya masyarakat yang layak untuk menerima dan adanya masyarakat mampu sebagai penerima bantuan, rendahnya tingkat keakurasian data yang dipakai sebagai dasar penyaluran bantuan, tidak adanya proses validasi dan verifikasi yang melibatkan pemerintah desa. Terdapat penerima bantuan yang sudah dianggap mampu dari segi usia masih prosuktif dan memiliki penghasilan tetap. Jadi, penerima bantuan tidak sesuai dengan hukum positif dan hukum Islam karena terdapat usur ketidakadilan.

Kata Kunci : Kriteria, Mustahiq Zakat, Had Kifayah, dan Keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kriteria; Hukum Islam; Mustahiq Zakat; Had Kifayah; Keadilan.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Nurul Arifah
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:36
Last Modified: 25 Mar 2021 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12320

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics