Persepsi guru dan siswa tentang khilafah di lingkungan pendidikan

Yulianto, Tio (2019) Persepsi guru dan siswa tentang khilafah di lingkungan pendidikan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016051_TIO_YULIANTO]
Preview
Text (SKRIPSI_1503016051_TIO_YULIANTO)
skripsi_1503016051_tio yulianto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Paham khilafah sekarang telah merambat ke dunia pendidikan di Indonesia. Banyak siswa-siswi yang sudah terkena efek dari pemahman tersebut, salah satu bukti yang kuat adalah banyaknya generasi muda yang didominasi kaum terpelajar menggelar aksi penegakan Negara khilafah dikota-kota besar. mereka berkeyakinan dengan mendirikan Negara khilafah semua permasalahan di Negara akan terselesaikan. Hal tersebut tentu bertentangan dengan ideologi di Indonesia yang menganut Pancasila dan UUD1945.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : Bagaimana persepsi guru dan siswa terhadap pemahaman khilafah di lingkungan pendidikan?
SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri) merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dibawah naungan kementrian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. sedangkan MA (Madrasah Aliyah) Al-Hikmah dan SMK Muhammadiyah merupakan lembaga pedidikan yang masih di miliki yayasan ormas Islam di Indonesia yaitu NU dan Muhammadiyah. lembaga-lembaga pendidikan tersebut
bergerak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa salah satunya adalah endidikan. Sekolah menjadi tempat belajar bagi siswa untuk menyerap ilmu pengetahuan.
Peranan guru dalam memberikan pemahaman ilmu pengetahuan sangatlah penting bagi siswa. keberadaan guru ditengah-tengah kelas memberikan pengaruh yang besar terhadap tingkat pemahaman siswa, karena guru dapat memberikan pencerahan atas segala permasalahan yang dihadapai ketika belajar. Guru menjadi suri tauladan bagi siswanya dalam bertindak sehingga segala bentuk perkataan, perilaku dan perbuatan guru selalu disorot oleh siswanya.
Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang sedalam-dalamnya bagi guru dan siswa agar sentantiasa hati-hati dalam mengambil sebuah pemikiran seseorang/kelompok sehingga tidak terjerumus dalam pemahaman yang menyimpang. sebagai lembaga pendidikan yang bergerak mencerdaskan generasi bangsa, maka harus selalu memberikan wawasan Nasionalisme yang kuat agar tidak mudah terpengaruh kepada pemikiran-pemikiran yang kurang diterima di masyarakat saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Khilafah; Pendidikan; Guru; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatma Hani Khulaidah
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:00
Last Modified: 25 Mar 2021 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12343

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics