Kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajran di MI darul ulum Ngaliyan

Qonita, Ummi (2019) Kepemimpinan kepala sekolah madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajran di MI darul ulum Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036070_UMMI QONITA]
Preview
Text (SKRIPSI_1503036070_UMMI QONITA)
SKRIPSI_1503036070_Ummi Qonita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini di latarbelakangi kepemimpinan merupakan masalah yang penting bagi suatu organisasi kelembagaan, hal ini karena kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi keberhasilan suatu organisasi tersebut untuk mencapai tujuan.
Skripsi ini membahas tentang kepemimpinan kepala madrasah
dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Darul Ulum Ngaliyan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui implikasi peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Darul Ulum.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis
berupa kata-kata bukan angka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran
kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah melalui pembinaan (Pembinaan mental, moral, dan artistik). Kepala madrasah memberikan motivasi dan bimbingan kepada guru. Melakukan evaluasi kepada semua guru. (2) Implikasi peran kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah kepala madrasah selalu mengadakan supervisi, antara lain melakukan kunjungan kelas untuk mengamati proses pembelajaran secara langsung. Selalu melakukan motivasi dan bimbingan kepada guru. Memberikan penilaian hasil evaluasi terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; kepala madrasah; Mutu pembelajaran; Madrasah ibtidaiyah (MI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Elinda Izzatun Nada
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:38
Last Modified: 25 Mar 2021 06:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics