Strategi marketing dalam upaya meningkatkan minat nasabah untuk menabung di KSPPS Walisongo Mijen Semarang

Febrianti, Niken (2019) Strategi marketing dalam upaya meningkatkan minat nasabah untuk menabung di KSPPS Walisongo Mijen Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605015037_Niken Febrianti]
Preview
Text (Skripsi_1605015037_Niken Febrianti)
Skripsi_1605015037_Niken Febrianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai meningkatnya jumlah nasabah yang menabung di KSPPS Walisongo Mijen Semarang dengan kondisi lokasi yang bisa dibilang kurang strategis, khususnya bagi masyarakat diluar daerah mijen. Masyarakat yang tinggal di luar daerah mijen akan kesulitan jika mencari kantor KSPPS Walisongo karena tempatnya yang masuk kedalam komplek ruko. Untuk terus meningkatkan jumlah nasabahnya, maka pihak KSPPS Walisongo melakukan strategi marketing untuk memperkenalkan dan mengajak masyarakat agar mau menabung di KSPPS Walisongo. Strategi yang paling gencar dilakukan dalam peningkatan jumlah nasabah ini ialah strategi promosi. Karena strategi promosi ini merupakan bagian paling penting dalam memasarkan sebuah produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi marketing dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah penabung dengan keberadaan lokasi yang kurang strategis.Inilah yang menjadi fokus utama penulis dalam melakukan penelitian.Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder.Data primer diperoleh dari hasil pengamatan langsung di tempat penelitian melalui wawancara, dokumentasi dan arsip KSPPS Walisongo. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dan literatur-literatur yang berkaitan dengan strategi marketing dan meningkatkan jumlah nasabah. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa KSPPS Walisongo sebelum memasarkan produknya melakukan kebiasaan baik yakni meluruskan niat, setelah meluruskan niat barulah pihak KSPPS Walisongo menentukan strategi marketing yang akan diterapkan. Adapun strategi marketing yang diterapkan oleh KSPPS Walisongo pada produk simpanan yakni dengan, sistem jemput bola, bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi product, price, place dan promotions serta promosi melalui brosur. Sedangkan untuk meningkatkan jumlah nasabah, pihak marketing KSPPS Walisongo menekankan pada strategi promosi dengan menggunakan promosi menggunakan media iklan (brosur), promosi penjualan (sales promotions), publisitas, serta penjualan pribadi (personal selling). Walaupun masih ada beberapa hal yag harus ditingkatkan, tapi upaya yang dilakukan oleh KSPPS Walisongo sudah cukup efektif utuk menarik minat nasabah dalam hal menabung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Manajemen Pemasaran; Koperasi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Mar 2021 05:30
Last Modified: 05 Jun 2021 02:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12355

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics