Penggunaan Horizontal Sundial dalam penentuan waktu salat Dzuhur dan Asar pada masyarakat sekitar Masjid Agung Kauman, Kutosari, Kabupaten Kebumen

Fadllurrahman, Saad Abiliqbal Kareem (2019) Penggunaan Horizontal Sundial dalam penentuan waktu salat Dzuhur dan Asar pada masyarakat sekitar Masjid Agung Kauman, Kutosari, Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1402046058_SAAD ABILIQBAL KAREEM FADLLURRAHMAN]
Preview
Text (SKRIPSI_1402046058_SAAD ABILIQBAL KAREEM FADLLURRAHMAN)
SKRIPSI_1402046058_SAAD ABILIQBAL KAREEM FADLLURRAHMAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Horizontal Sundial merupakan instrumen penanda masuknya waktu Salat yang sangat klasik. Salah satu masjid yang masih menggunakan instrumen tersebut adalah Masjid Agung Kauman, Kutosari, Kabupaten Kebumen , untuk menentukan masuknya waktu Salat Dzuhur dan Asar, masjid dan mushola di sekitar desa Kutosari juga mengikuti jadwal waktu Salat Masjid Agung Kauman, Kutosari, Kabupaten Kebumen . Sebagai instrumen penanda masuknya waktu Salat, Horizontal Sundial atau sering disebut Bencet, harus memiliki keakuratan baik dari segi bentuk maupun dari segi perhitungan, sehingga dapat digunakan untuk membantu dalam penentuan awal waktu Salat Dzuhur dan Ashar.
Fokus permasalahan yang dikaji oleh penulis adalah: 1) Mengapa masyarakat daerah Masjid Agung Kauman, Kutosari, Kabupaten Kebumen masih menggunakan Horizontal Sundial sebagai patokan waktu Salat Dzuhur dan Asar. 2). Bagaimana tingkat akurasi Horizontal Sundial di Masjid Agung Kauman, Kutosari, Kabupaten Kebumen sebagai penanda waktu Salat Dzuhur dan Asar.
Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan kajian penelitian yang bersifat lapangan (field research). Untuk data primer, didapat dari hasil
observasi langsung di lapangan yang didukung oleh data-data hasil wawancara dengan pihak yang bersangkutan dalam penggunaan dan perawatan Horizontal Sundial tersebut. Dengan begitu, dapat diketahui fakta-fakta dan data Horizontal Sundial tersebut. Selanjutnya, melakukan verifikasi data yang diperoleh dari hisab waktu Salat kontemporer guna mengetahui kesesuaian antara kedua data tersebut dan mengetahui keakuratan dari Horizontal Sundial tersebut. Selain itu, penulis juga menggunakan metode dokumentasi, dengan cara mengumpulkan data-data
yang berkaitan dengan Horizontal Sundial dan konsep waktu dari dokumen pendukung, berupa buku, makalah, maupun website di internet.
Penelitian yang di lakukan penulis menunjukkan bahwa: (1) Alasan masyarakat desa Kutosari, masih mempertahankan Horizontal Sundial sampai sekarang yaitu Keinginan masyarakat desa Kutosari untuk menjaga dan melestarikan instrumen tersebut yang membuat masyarakat desa kutosari masih menjaga Horizontal Sundial tersebut. (2) Dari hasil penelitian, pemasangan Horizontal Sundial di masjid Agung Kauman, Kutosari, Kabupaten Kebumen melenceng sebesar 300 dari arah Utara-Selatan Sejati, dan hasil perhitungan dari Horizontal Sundial tersebut memiliki selisih sampai dua menit dengan hasil perhitungan waktu Salat kontemporer, yang menjadikan Horizontal Sundial
tersebut tidak akurat, Penyebab selisih tersebut disebabkan oleh pemindahan Horizontal Sundial dari tempat aslinya pada tahun 2004 yang kurang teliti, yang mengakibatkan turunnya akurasi Horizontal Sundial tersebut.
Kata kunci: Horizontal Sundial, Masjid Agung Kauman Kutosari Kabupaten Kebumen , penentuan waktu Salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Horizontal Sundial; Masjid; Waktu Salat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 522 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Alvian Dani Oze
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:52
Last Modified: 25 Mar 2021 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics