Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli subcribe di media sosial

Machtum, Muhammad (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli subcribe di media sosial. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1402036122_MUHAMMAD_MACHTUM]
Preview
Text (SKRIPSI_1402036122_MUHAMMAD_MACHTUM)
SKRIPSI_1402036122_MUHAMMAD MACHTUM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pengiklanan melalui internet atau sosial media lebih banyak diminati karena jangkaunya yang lebih besar dan luas dibandingkan dengan jaringan komersial lainya. Media sosial yang banyak diminati untuk memasang iklan adalah Youtube. Youtube menjadi jejaring sosial besar dengan pertumbuhan paling pesat ditahun 2014. Sehingga pundi-pundi rupiah bisa didapatkan melalui Youtube. sayangnya banyak dari Youtuber menggunakan jasa penambahan subscriber. Hal ini dikarenakan syarat yang diberikan oleh pihak Youtube mengharuskan Youtuber mencapai seribu subscriber agar akun Youtube nya bisa dikomersilkan dengan iklan. Syarat itu lumayan sulit apalagi untuk para Youtuber pemula. Hal itu mengakibatkan banyak dari para Youtuber menggunakan Jasa penambahan subscriber dalam akun youtube nya. Praktik jual beli yang mengandung ketidak jelasan dalam islam disebut gharar. Apalagi subscriber merupakan sebuah fitur Youtube yang apabila di tekan akan menjadi langganan atau diingatkan ketika creator Youtube tersebut mengunggah sebuah video baru. Jadi subscriber tidak bisa permanen karena bisa saja para subscriber tidak lagi berlangganan atau unsubscribe..
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu penelitian normatif-empiris. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah wawancara yang dilakukan oleh penulis langsung dengan narasumber yang bersangkutan. Sumber data sekunder yaitu penulis menggunakan sumber yang dari dokumen-dokumen, laporan-laporan, buku-buku, jurnal penelitian, artikel, website dan majalah ilmiah yang masih berkaitan dengan materi penelitian.
Hasil dari analisa dapat disimpulkan bahwa dalam proses jual beli subscribe palsu Secara hukum Islam hal itu tidak melanggar rukun jual beli dalam Islam akan tetapi melanggar syarat jual beli dalam Islam yaitu objek barang yang mengandung gharar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Subscribe; Hukum Islam; Jual beli; Media Sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Nurul Arifah
Date Deposited: 25 Mar 2021 07:20
Last Modified: 20 May 2021 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12364

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics