Efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis QR code (quick response code) dengan model pembelajaran cooperative learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi virus kelas X SMAN 2 Semarang tahun pelajaran 2019/2020

Yusuf, Arief Budiono (2019) Efektivitas penggunaan bahan ajar berbasis QR code (quick response code) dengan model pembelajaran cooperative learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi virus kelas X SMAN 2 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503086009_ARIEF_BUDIONO_YUSUF]
Preview
Text (SKRIPSI_1503086009_ARIEF_BUDIONO_YUSUF)
SKRIPSI_1503086009_ARIEF_BUDIONO_YUSUF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis kuantitatif dengan desain control group pretest and posttest yang bertujuan untuk menjelaskan efektivitas penggunaan bahan ajar terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 2 Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 6. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, instrumen angket, dan instrumen test (Pretset, Postest). Diperoleh hasil tingkat motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan hasil uji t yaitu t hitung (3,156) > t tabel (1,66691). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan hasil uji t yaitu t hitung (6,595) > t tabel(1,66691). Hasil ketuntasan nilai KKM menunjukkan bahwa kelas eksperimen 75% siswanya mendapatkan nilai diatas KKM, sedangkan pada kelas eksperimen hanya 33% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Uji n gain peningkatan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen menunjukan data 35,5 (kategori sedang) sedangkan kelas kontrol 33,8 (kategori sedang). Rata-rata n gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 62,2 (kategori sedang) sedangkan kelas kontrol 25,0 (kategori rendah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Motivasi belajar; Hasil belajar; Bahan ajar; QR code; Model pembelajaran; Cooperative learning; Virus
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Mar 2021 08:12
Last Modified: 26 Mar 2021 08:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12384

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics