Teknik memilih BUMN sebagai tempat kerja bagi mahasiswa jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang dengan menggunakan analytical hierarchy process(AHP)

Rifqiawan, Raden Arfan (2013) Teknik memilih BUMN sebagai tempat kerja bagi mahasiswa jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang dengan menggunakan analytical hierarchy process(AHP). LP2M, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Penelitian_198006102009011009_Raden Arfan Rifqiawan]
Preview
Text (Laporan Penelitian_198006102009011009_Raden Arfan Rifqiawan)
Teknik memilih BUMN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu metode pengambilan keputusan terhadap masalah penentuan prioritas pilihan dari berbagai alternatif. Penggunaan AHP dimulai dengan membuat struktur hirarki dari permasalahan yang ingin diteliti. Matriks perbandingan berpasangan digunakan untuk membentuk hubungan di dalam struktur. Pada matriks perbandingan berpasangan tersebut akan dicari bobot dari tiap tiap kriteria dengan cara menormalkan rata-rata geometric (geometric mean) dari pendapat responden. Nilai eigen maksimum dan vektor eigen yang dinormalkan akan diperoleh dari matriks ini. Pada proses menentukan faktor pembobotan hirarki maupun faktor evaluasi, uji konsistensi harus dilakukan(CR < 0,100). Penerapan AHP dalam penelitian ini adalah menetukan urutan prioritas perusahaan BUMN (Persero) yang diminati mahasiswa Ekonomi Islam IAIN Walisongo Semarang sebagai tempat kerja. Hasil dari analisis AHP diperoleh kesimpulan bahwa PT.Telkom menjadi prioritas pertama minat mahasiwa Ekonomi Islam (14,5%), diikuti oleh PT. Perusahaan Gas Negara (13%), dan yang terakhir adalah PT. Aneka Tambang (4,1%).

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: AHP; memilih tempat kerja
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 30 Mar 2021 07:50
Last Modified: 30 Mar 2021 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12437

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics