Efektivitas model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantu media benda konkret terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi kubus dan balok SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2018/2019

Afifah, Ati Nur (2019) Efektivitas model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantu media benda konkret terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi kubus dan balok SMP Negeri 19 Tegal tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503056069_ Ati Nur Afifah]
Preview
Text (Skripsi_1503056069_ Ati Nur Afifah)
Skripsi_1503056069_ Ati Nur Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik SMP Negeri 19 Tegal yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran Brain Based Learning berbantu media benda konkret terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t untuk tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian untuk rata-rata kemampuan pemecahan masalah diperoleh thitung=2,194 dan angket motivasi belajar diperoleh thitung=3,747, dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel=1,671. Maka masing-masing nilai thitung>ttabel. Sehingga model pembelajaran Brain Based Learning berbantu media benda konkret efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi peserta didik kelas VIII pada materi kubus dan balok. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Brain Based Learning didesain untuk mendorong membuat keputusan dan merangsang serta memotivasi peserta didik untuk belaja

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning; kemampuan pemecahan masalah; motivasi belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:32
Last Modified: 31 Mar 2021 12:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12449

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics