Relasi disiplin tubuh Michel Foucault dan pendidikan moral perspektif Ibnu Miskawaih

Betasari, Kharisma (2019) Relasi disiplin tubuh Michel Foucault dan pendidikan moral perspektif Ibnu Miskawaih. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_134111006_Kharisma Betasari]
Preview
Text (skripsi_134111006_Kharisma Betasari)
skripsi_134111006_Kharisma Betasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Disiplin masyarakat masih menjadi salah satu problem bangsa ini karena kesadaran masyarakat untuk berdisiplin masih rendah. Padahal jika manusia mau menerapkan sikap disiplin, banyak manfaat yang didapatkan oleh manusia itu sendiri. Beberapa manfaat disiplin adalah membangun kepribadian yang baik, menata kehidupan bersama, dan menciptakan lingkungan yang kondusif. Sudah seharusnya manusia bertindak disiplin agar kehidupan yang dijalaninya menyenangkan dan tidak menyalahi aturan.
Untuk meningkatkan disiplin tubuh yang nantinya akan membentuk pribadi yang baik, semua pihak harus ikut berpartisipasi, khususnya pada bidang pendidikan. Pendidikan karakter merupakan sebuah pendidikan yang didalamnya memiliki tujuan untuk mendidik manusia agar menjadi individu-individu yang bermoral, santun, taat aturan serta peduli terhadap sekitar.
Tujuan penelitian ini adalah: pertama menjelaskan konsep disiplin tubuh Michel Foucault, dan kedua menjelaskan hubungan antara disiplin tubuh perspektif Michel Foucault dan pendidikan moral perspektif Ibnu Miskawaih. Sehingga dapat diketahui bagaimana relasi antara disiplin tubuh Michel Foucault dan pendidikan moral perspektif Ibnu Miskawaih.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian kepustakaan, artinya penelitian yang merujuk pada literatur-literatur pustaka yang berkaitan dengan masalah dan objek yang akan diteliti. Dalam penelitian ini metode yang penulis gunakan dalam mengumpulkan data adalah metode dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dari berbagai bentuk dokumen, baik berupa buku, kamus, atau lainnya yang membahas dan menguraikan terkait objek penelitian, yakni disiplin tubuh dan pendidikan moralitas. Adapun metode analisis data yang akan penulis gunakan adalah metode analisis korelatif, yaitu mengkorelasikan konsep pemikiran antara dua tokoh dan hubungan antara keduanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep disiplin tubuh dalam pemikiran Michel Foucault merupakan sebuah proses mekanisme kontrol yang teliti atas tubuh individu itu sendiri. Dengan disiplin tubuh, tubuh akan dilatih hingga terampil. Tubuh juga terus menerus diuji dan dikoreksi sampai ketrampilan tubuh menjadi otomatis.
Selanjutnya dalam relasi disiplin tubuh dan pendidikan moral perspektif Ibnu Miskawaih menunjukkan adanya relasi positif. Individu yang memiliki disiplin tubuh yang baik akan berpengaruh positif pula terhadap hasil dari pendidikan moral. Jadi dalam praktik pendidikan moral, murid perlu diajarkan mengenai kedisiplinan tubuh agar moral positif lainnya terbentuk dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Disiplin Tubuh; Michel Foucault; Pendidikan Moral; Ibnu Miskawaih; Relasi Disiplin Tubuh dan Pendidikan Moral; Aqidah Filsafat
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 101 Theory of philosophy
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 01 Apr 2021 11:28
Last Modified: 13 Jun 2021 04:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics