Manajemen kurikulum kewirausahaan di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo

Ambarwati, Titik (2019) Manajemen kurikulum kewirausahaan di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036113_Titik Ambarwati]
Preview
Text (Skripsi_1503036113_Titik Ambarwati)
Skripsi_1503036113_Titik Ambarwati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas manajemen kurikulum kewirausahaan di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan peneliti terhadap pendidikan kewirausahaan yang di terapkan sejak pendirian sekolah.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana manajemen kurikulum kewirausahaan yang ada di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo? (2) Bagaimana implikasi manajemen kewirausahaan di SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan(field research). Penelitian kualitatif ini dilakukan dengan tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kajian ini menunjukan bahwa (1): manajemen kurikulum kewirausahaan pertama, perencanaan kurikulum kewirausahaan dilakukan dengan pertemuan antara penjamin mutu, konsultan pendidikan, pemilik yayasan, dan tokoh, kedua pelaksanaan manajemen kurikulum kewirausahaan intrakulikuler dan kokurukuler, ketiga evaluasi menggunakan PDCA yaitu “Plain, Do, Check, Act” (rencanakan, kerjakan, cek, tindak lanjut), adalah suatu proses pemecahan masalah empat langkah interatif yang umum digunakan dalam pengendalian kualitas. Kegiatan kewirausahhan sudah berjalan dengan adanya siswa yang berjualan pada saat ada bazar, karnaval, pameran, dan pada pasar malam minggu di pendopo. (2) upaya SMA Al-Azhar Syifa Budi Solo dalam menjaga keberlangsungan jiwa kewirausahaan dengan memberikan keterampilan, terjun dalam masyarakat serta upaya menciptakan produk untuk dipasarkan.
Berdasarkan penelitaian yang dilaksanakan saran yang diberikan adalah pembekalan komunikasi dan menjalin kerjasama dengan perusahaan yang terkait dalam bidang kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Sekolah; Kewirausahaan; Manajemen Sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 03 Apr 2021 08:39
Last Modified: 28 Jul 2021 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12474

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics