Pengembangan media pembelajaran teka-teki sains untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA/MA kelas XI materi alat-alat optik

Prihastuti, Tika (2019) Pengembangan media pembelajaran teka-teki sains untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA/MA kelas XI materi alat-alat optik. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1508026029_NUR ELISA RIZKI]
Preview
Text (SKRIPSI_1508026029_NUR ELISA RIZKI)
SKRIPSI_1508026029_NUR ELISA RIZKI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep fisika. Namun, di MAN 1 Kota Semarang, hanya materi tertentu saja yang menggunakan media pembelajaran. Dampaknya yaitu siswa tidak termotivasi dalam belajar dan tidak memahami konsep materi yang mengakibatkan nilai ulangan harian siswa rendah. Penambahan media pembelajaran perlu diterapkan agar siswa memahami konsep materi dengan mudah dan nilai ulangan harian siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas penggunaan Teka-teki Sains Fisika serta peningkatan pemahaman konsep siswa berdasarkan hasil posttest pada materi Alat-alat Optik. Jenis penelitian ini yaitu Research & Development mengacu pada model penelitian Borg & Gall (2003) yang dibatasi sampai langkah ke enam. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa Teka-teki Sains Fisika layak digunakan dengan persentase skor kelayakan sebesar 90,83%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Teka-teki Sains Fisika efektif digunakan sebagai media pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Alat-alat Optik yang dibuktikan dengan hasil uji t yaitu t_hitung>t_tabel dan uji gain yang masuk dalam kriteria tinggi dengan hasil 0,73.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Teka-teki Sains; Pemahaman Konsep; Alat-alat Optik.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 501 Philosophy and theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fatimatuzzahro Fatimatuzzahro
Date Deposited: 03 Apr 2021 09:33
Last Modified: 03 Apr 2021 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics