Manajemen pondok pesantren Al- Ma'rufiyah Bringin Semarang dalam membentuk kader dakwah

Sengming, Mr. Aslamee (2019) Manajemen pondok pesantren Al- Ma'rufiyah Bringin Semarang dalam membentuk kader dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036158_Mr. Aslamee Sengming.docx] Text
SKRIPSI_1701036158_Mr. Aslamee Sengming.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana Manajemen Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyah Bringin Semarang dalam Membentuk Kader Dakwah? (2) Apa Faktur Pendukung dan Faktur Penhambatan Manajemen Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyah Bringin Semarang dalam Membentuk Kader Dakwah?
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer atau sumber data utama yang diperoleh dari wawancara langsung pada pengurus Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyah Bringin Semarang dan sumber data sekunder berupa arsip, dokumen, struktur organisasi serta program kerja. Teknik pengumpulan data meliputi : observasi, dokumentasi, wawancara. Analisis datanya dengan menggunakan uji analisis non statistic.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Al- Ma’rufiyah Bringin selalu berusaha merespons arus modernisasi yang terjadi di luar dirinya dengan mengambil hal-hal yang positif darinya tanpa meninggalkan jatidiri sebagai pesantren tradisional. Dalam manajemen kegiatan-kegiatan santri dari model pengelolaannya yang lebih sistematis. Manajemen Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyah sudah cukup baik dengan mengadakan berbagai kegiatan dakwah sesuai fungsi-fungsi manajemen, dengan dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. dibutuhkan dari manajemen pembinaan terhadap dakwah santri diantaranya Man (Manusia), Money (Uang), Materials (Materi), Methode (Metode), Market (Pasar), Machine (Media), dan Information (Informasi). Diantara kegiatan tersebut adalah kegiatan yang dikelola oleh Pondok Pesantren kegiatan belajar mengajar untuk mempersiapkan santri-santrinya agar bisa menyebar luas dakwahnya di masyarakat yaitu dengan menyampaikan kepada manusia dan mengajak amar ma’ruf (berbuat baik dan benar sesuai Qur’an Hadits dan Sunnah Rasul) serta mencegah nahi munkar (perbuatan yang dilarang agama) dengan cara hikmah (perkataan yang tegas dan benar sehingga dapat membedakan antara yang benar dan salah). Karena tujuan utama dalam melaksanakan segala kegiatan tersebut adalah untuk menciptakan ummat yang beriman dan mencari keredhaan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan; Pondok Pesantren; Kader; Dakwah; Dai
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 207 Missions and religious education
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Lena Lena
Date Deposited: 03 Apr 2021 09:44
Last Modified: 23 May 2021 06:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics