Penerapan pelayanan sistem jemput bola pada KSPPS tamzis bina utama kantor cabang Kertek Wonosobo

Khoirunnisa, Ervina (2019) Penerapan pelayanan sistem jemput bola pada KSPPS tamzis bina utama kantor cabang Kertek Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605015096_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605015096_Lengkap)
skripsi_1605015096_ervina khoirunnisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Kertek terletak di lokasi yang strategis dengan mayoritas penduduk memiliki usaha. Namun juga memiliki pesaing, oleh karena itu dilakukan penerapan beberapa strategi sistem promosi untuk menawarkan kepada anggotanya, yaitu dengan pelayanan sistem jemput bola (door to door). Ini merupakan bagian dari bauran pemasaran yang berada pada promosi, yang merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran dan sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam rangka memasarkan produk jasa.
Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana KSPPS Tamzis Bina Utama Kantor Cabang Kertek dalam pelaksanaan pelayanan sistem jemput bola dan faktor apa saja yang menjadi pendukung juga penghambat dalam pelaksanaan pelayanan sistem jemput bola ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskripif.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelayanan sistem jemput bola, yaitu : Marketing harus menguasai keseluruhan produk dan operasional, mempersiapkan peralatan dan perencanaan tujuan lokasi, menentukan sasaran dan produk sasaran, setelah itu mem-follow–up anggota dan calon anggota baru. Faktor pendukung yang dihadapi, yaitu : Terjalinnya silaturrahmi yang baik, memudahkan anggota melakukan transaksi, mengurangi terjadinya angsuran macet, memudahkan marketing menyampaikan informasi dan sebagai alternatif meningkatkan jumlah anggota. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi, yaitu : Perencanaan yang tidak terstruktur dan kurangnya pengetahuan marketing, kendala cuaca buruk, adanya selisih data, kurangnya jumlah uang dan lemahnya antisipasi uang palsu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemasaran; Marketing; Pelayanan; Jemput bola; Door to Door
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Reihana Zulfa
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:13
Last Modified: 27 Jul 2021 06:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12502

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics