Strategi penyiaran Radio MBS (Mitra Berdakwah dan Sholawat) FM 107.8 sebagai media dakwah

Karimah, Soraya Ira (2019) Strategi penyiaran Radio MBS (Mitra Berdakwah dan Sholawat) FM 107.8 sebagai media dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1401026017_ira soraya karimah.pdf]
Preview
Text
Skripsi_1401026017_ira soraya karimah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Penyiaran Radio MBS “(Mitra Berdakwah dan Sholawat)” FM 107.8 Sebagai Media Dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penyiaran radio MBS “(Mitra Berdakwah dan Sholawat)” FM 107.8 sebagai media dakwah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif untuk memaparkan tentang bagaimana strategi penyiaran yang digunakan radio MBS (Mitra Berdakwah dan Sholawat) FM 107.8 sebagai media dakwah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penyiaran yang digunakan radio MBS (Mitra Berdakwah dan Sholawat) FM 107.8 sebagai media dakwah adalah dengan perencanaan program siaran, produksi dan pembelian program siaran, eksekusi program siaran, pengawasan dan evaluasi program siaran. Dalam perencanaan program siarannya radio MBS FM mempertimbangkan empat hal yaitu product, price, place dan promotion. Dalam hal product radio MBS FM merencanakan program siarannya dengan cara menyesuaikan segmentasi dari khalayak pendengar, kemudian dalam hal price radio MBS FM dalam merencanakan programnya berusaha untuk memproduksi sendiri programnya, sedangkan dalam hal place radio MBS FM dalam merencanakan program siarannya berusaha menyesuaikan kebiasaan pendengar, dan dalam hal promotion radio MBS FM mempromosikan program siarannya dengan cara menyebarkan pamflet memanfaatkan sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp. Dalam produksi dan pembelian program siarannya radio MBS FM membuat sendiri programnya melalui gagasan atau ide yang didapatkan. Dalam eksekusi program siarannya radio MBS FM membagi program siarannya menjadi tiga bagian yaitu pagi, siang dan sore dengan menyesuaikan kebiasaan dan kesukaan pendengar. Dan dalam pengawasan dan evaluasi program siarannya radio MBS FM melakukan pengawasan secara langsung kepada para crewnya sesuai dengan jadwal siaran yang telah disusun sebelumnya, selain para crew juga ada para senior-senior, pembina MBS, dari fakultas, dan dari labda yang mengawasi program siaran radio MBS FM. Sedangkan dalam evaluasinya radio MBS FM melakukan evaluasi bulanan dan evaluasi tahunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Radio MBS (Mitra Berdakwah dan Sholawat) FM 107.8; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Reihana Zulfa
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:45
Last Modified: 13 Jul 2021 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12547

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics