Pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Darul Ulum Semarang tahun ajaran 2018/2019

Atiq, Siti Fajri Nur (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Darul Ulum Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096044_Siti Fajri Nur Atiq]
Preview
Text (skripsi_1503096044_Siti Fajri Nur Atiq)
skripsi_1503096044_Siti Fajri Nur Atiq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Semarang Tahun
Ajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi dengan model
pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi, siswa merasa bosen
dan jenuh sehingga penyampaian materi yang guru sajikan tidak
didengarkan siswa. Serta tidak adanya interaksi siswa dan guru. Siswa
juga susah dalam menerima dan menanggapi pelajaran yang di sampaikan
oleh guru, oleh karenanya siswa hanya menghafalkan materi pelajaran
saja. Hasilnya siswa kurang optimal dalam kemampuan berpikir
kritisnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berpengaruh
atau tidaknya penerapan model pembelajaran group investigation
terhadap kemampuan berpikir kritis .
Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif eksperimen.
Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan tes. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV MI Darul Ulum Semarang
dengan jumlah peserta didik 75, yaitu terdiri dari kelas IV A sebagai kelas
kontrol berjumlah 39 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas
eksperimen berjumlah 36 peserta didik.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis
statistik uji persamaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Uji hipotesis
persamaan rata-rata diperoleh rata-rata kelas eksperimen (IV B)
adalah X = 82 dan kelas kontrol (IV A) adalah X = 74 diperoleh
thitung=4,552. Dengan dk = 36+39 -2 = 73 maka diperoleh ttabel= 1,993.
Karena thitung > ttabel yaitu 4,411> 1,993 hal ini berarti H0 ditolak,
artinya terdapat perbedaan antara rata-rata kemampuan berpikir kritis
siswa kelas eksperimen dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas
kontrol. Melihat dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation
terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa kelas IV
MI Darul Ulum Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Group investigation; Kemampuan berpikir kritis; Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah; MI Darul Ulum
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:19
Last Modified: 29 May 2021 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12550

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics